Reformasi Industri Keuangan Non-Bank, Asosiasi Modal Ventura: Positif untuk Startup Fintech

Kompas.com - 21/09/2022, 20:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Asosiasi Modal Ventura untuk Start-up Indonesia (Amvesindo) mengatakan ada reformasi industri keuangan non bank (IKNB) yang semula menjalankan pengawasan berbasis aturan, akan menjadi pengawasan berbasis prinsip usaha yang dipadukan dengan pengawasan berbasis risiko dan memanfaatkan teknologi.

Hal tersebut merupakan rencana reformasi IKNB yang diajukan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Amvesindo berpandangan reformasi IKNB akan berdampak positif pertumbuhan ekonomi digital Indonesia yang mencapai 70 miliar dolar AS pada tahun 2021.

Baca juga: Marak Pembobolan, OJK Imbau Pelaku IKNB Amankan Data Nasabah

Ketua Umum Amvesindo Eddi Danusaputro mengatakan, perusahaan modal ventura akan mendorong terbentuknya pertumbuhan ekosistem startup melalui pendanaan sektor teknologi dan konvensional.

"Perusahaan modal ventura (PMV) menjadi bagian dari total aset industri modal ventura sebesar Rp 23,73 triliun pada Juli 2022. Karena itu Amvesindo berpendapat reformasi IKNB dapat membawa dampak positif bagi ekosistem ekonomi digital, terutama perkembangan usaha rintisan sektor teknologi finansial,” kata dia dalam siaran pers, dikutip Rabu (21/9/2022).

Sebagai catatan, perusahaan modal ventura terdiri dari kategori yaitu perusahaan modal ventura (PMV), perusahaan modal ventura daerah (PMVD), perusahaan modal ventura syariah (PMVS), dan Venture Capital (VC-Tech).

Selanjutnya Eddi menambahkan, Amvesindo bersedia untuk dilibatkan dalam proses perumusan reformasi IKNB.

Selain itu, Amvesindo akan mengajak pihak yang terkait untuk berpartisipasi dalam upaya percepatan reformasi IKNB untuk ekosistem investasi dan pertumbuhan startup di Indonesia.

Amvesindo juga mengaku siap membantu proses sosialisaai terkait peraturan OJK yang tidak ada dalam cakupan IKNB, tetapi berkaitan dengan perusahaan modal ventura.

"Kami juga turut menyuarakan aspirasi startup, diharapkan regulator menggunakan pendekatan light touch, agar inovasi terus tumbuh dan berkembang,” tandas dia.

Baca juga: OJK Terima 8.771 Pengaduan, Terbanyak Terkait Sektor IKNB

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.