Naik 0,75 Persen, Suku Bunga Acuan The Fed Sentuh Level Tertinggi sejak Krisis Ekonomi 2008

Kompas.com - 22/09/2022, 06:38 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Bank sentral Amerika Serikat (AS), The Federal Reserve (The Fed), memutuskan untuk kembali meningkatkan suku bunga acuannya sebesar 75 basis points (bps) atau 0,75 persen pada pertemuan Agustus 2022.

Ini menjadi kali pertama dalam sejarah, The Fed meningkatkan suku bunga acuannya sebesar 0,75 persen dalam tiga pertemuan berturut-turut.

Dilansir dari CNN, Kamis (22/9/2022), langkah kenaikan suku bunga the fed tersebut membawa suku bunga The Fed dalam kisaran 3 persen dan 3,25 persen, level tertinggi sejak krisis ekonomi global 2008.

Baca juga: The Fed Kembali Kerek Suku Bunga Acuan 0,75 Persen, IHSG Diproyeksi Melemah

Keputusan untuk kembali mengetatkan kebijakan moneter secara agresif diambil The Fed untuk memerangi inflasi AS, yang sampai Agustus kemarin masih tinggi.

Pimpinan The Fed Jerome Powell menyadari, tingkat suku bunga acuan yang tinggi akan berdampak negatif terhadap perekonomian AS, mengingat tingkat suku bunga berbagai jenis kredit akan terkerek.

Bahkan dalam proyeksi ekonomi teranyar yang dibuat, The Fed kembali memangkas prediksi pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) AS sepanjang 2022, dari proyeksi 1,7 persen pada Juni kemarin, menjadi hanya 0,2 persen.

Baca juga: BI Diprediksi Bakal Kembali Naikkan Suku Bunga Acuan

Selain itu tingkat suku bunga acuan yang lebih tinggi juga membuat The Fed mengubah proyeksi tingkat pengangguran AS, dari semula 3,9 persen pada 2023, meningkat menjadi 4,4 persen pada tahun depan.

Meskipun kondisi perekonomian AS akan terpukul, The Fed masih akan melanjutkan sikap bullishnya terhadap suku bunga acuan, di mana peningkatan masih akan terjadi dalam beberapa pertemuan mendatang.

Baca juga: The Fed Bakal Umumkan Suku Bunga, Harga Minyak Dunia Bervariasi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.