Menteri PUPR: Tol Bocimi Tersambung sampai Sukabumi Barat 2024

Kompas.com - 22/09/2022, 10:08 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan Jalan Tol Bogor Ciawi-Sukabumi (Bocimi) yang tersambung sampai Sukabumi Barat diharapkan rampung pada 2024.

Basuki mengatakan, saat ini, Jalan Tol Bocimi memasuki pengerjaan Seksi 2, yaitu ruas Cigombong-Cibadak sepanjang 11,9 kilometer dengan progres konstruksi 86 persen dan ditargetkan selesai pada Desember 2022.

Ia melanjutkan, apabila Seksi 2 ini rampung dan beroperasi, akan dilanjutkan Seksi 3 ruas Cibadak-Sukabumi Barat sepanjang 13,70 kilometer sehingga memberikan solusi atas kemacetan ke arah Sukabumi, bahkan hingga Pelabuhan Ratu di Pantai Selatan Jawa.

Baca juga: Menteri PUPR Akan Lakukan Penyesuaian Tarif Tol akibat Kenaikan Harga BBM

"Semua ruas ini semoga selesai tahun 2024 sampai dengan minimal Sukabumi Barat, artinya sudah melewati titik kemacetan yang parah di Pasar Cibadak," kata Basuki dalam keterangan tertulis, Kamis (22/9/2022).

Basuki menjelaskan, Jalan Tol Ciawi-Sukabumi ini memiliki 4 seksi dengan total panjang keseluruhan 54 kilometer dengan progres Seksi 1 Ciawi-Cigombong sepanjang 15,35 kilometer sudah beroperasi sejak Desember 2018.

Kemudian, dua seksi lainnya yakni Seksi 3 Cibadak-Sukabumi Barat sepanjang 13,70 kilometer dengan progres pembebasan lahan 42,07 persen.

Baca juga: Tinjau Tol Japek II Selatan, Menteri PUPR Minta Segmen Sadang-Kutanagara Tuntas Desember 2022

"Dan Seksi 4 ruas Sukabumi Barat-Sukabumi Timur sepanjang 13,05 kilometer dengan progres pembebasan lahan 9,59 persen," ujarnya.

Basuki juga mengatakan, Ruas Tol Cigombong-Cibadak akan terkoneksi dengan wilayah Bogor yang terhubung dengan ruas tol Jagorawi.

Menurut dia, hal ini dapat mengurangi waktu tempuh dari Jakarta menuju Sukabumi yang sebelumnya 4-5 jam melalui jalan alteri menjadi 2 jam lebih cepat.

"Ruas tol ini diharapkan menjadi alternatif penghubung menuju kawasan pariwisata di sekitar kawasan Lido, Sukabumi, Pelabuhan Ratu, Ujung Genteng, hingga Geopark Ciletuh," tuturnya.

Lebih lanjut, Basuki berharap Jalan Tol Bocimi ini semakin memperlancar konektivitas perekonomian masyarakat baik dari sektor industri, barang, maupun jasa.

Baca juga: Soal Sanksi bagi Operator Jalan Tol Pejagan-Pemalang, Pemerintah Tunggu Hasil Investigasi KNKT

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.