Bandara Kertajati Siap Layani Penerbangan Umrah, Haji dan Internasional di November 2022

Kompas.com - 22/09/2022, 11:38 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelaksana Tugas (PLT) Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nur Isnin Istiartono mengatakan, pihaknya tengah menyiapkan Bandara Kertajati di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat untuk melayani penerbangan haji, umrah dan menjadi bandara internasional pada November 2022.

"Angkutan penerbangan untuk melayani haji, umrah dan pembukaan rute internasional diberikan melalui koordinasi dan audiensi antar kementerian/lembaga terkait, pemerintah daerah, penyelenggara Bandar Udara Kertajati, maskapai, hingga travel agent dalam rangka pembukaan rute penerbangan umrah dari Kertajati (KJT) menuju Jeddah (JED)," kata Isnin dalam keterangan tertulis, Kamis (22/9/2022).

Isnin mengatakan, langkah awal yang akan dilakukan adalah membuka rute penerbangan untuk umrah pada November mendatang.

Baca juga: Menhub Targetkan Bandara Kertajati Layani Penerbangan Komersial Desember 2022

Ia mengatakan, fasilitas custom, imigration, quarantine (CIQ) saat ini sudah standby on call untuk bertugas.

Selain itu, fasilitas penunjang lainnya seperti penginapan atau hotel di dekat bandara, Rumah Sakit, Asrama Haji dan fasilitas yang mendukung kelancaran operasional penerbangan di Bandara Kertajati sudah disiapkan.

"Untuk itu kolaborasi dan kerja sama yang baik dengan kementerian/lembaga terkait, dukungan pemerintah daerah dan stakeholder penerbangan sangat diperlukan," ujarnya.

Baca juga: Akses Tol Bandara Kertajati Akan Dibuka 20 Desember

Isnin melanjutkan, pihaknya telah mengirimkan surat kepada General Authority of Civil Aviation (GACA) Arab Saudi pada 7 September 2022 untuk memberikan slot penerbangan jemaah umrah pada November mendatang.

Ia mengatakan, berdasarkan data dari Kementerian Agama (Kemenag), terdapat 8.657 calon jemaah umrah dari kawasan sekitar Kertajati seperti dari Bandung Raya, Ciayumajakuning, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.

"Belum lagi masyarakat yang suka bepergian ke luar negeri. Sehingga dengan adanya Bandara Kertajati ini, diharapkan masyarakat makin mudah dan efisien dalam bermobilitas," ucap dia.

Baca juga: Bandara Kertajati Disarankan Jadi Hub E-Commerce Indonesia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.