Berdiri 52 Tahun, TIKI Transformasikan Bisnisnya dengan Memaksimalkan Pemanfaatan Teknologi

Kompas.com - 22/09/2022, 12:38 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu perusahaan logistik di Tanah Air yaitu PT Citra Van Titipan Kilat (“TIKI”) mentransformasi bisnisnya dengan memaksimalkan pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan ketahanan bisnis yang berorientasi pada kenyamanan dan kepuasan pelanggan.

"Kami memiliki mobile aplikasi yang bernama TIKI yang tersedia di Android dan App Store, dimana seluruh transaksi mulai dari cek ongkir, booking, dan tracking dapat dilakukan di aplikasi TIKI. Dengan cara ini kami optimistis bisa menjadi mitra yang tangguh dan dapat diandalkan oleh para pelaku bisnis di berbagai situasi ekonomi di bidang logistik," ujar Direktur Utama PT Citra Van Titipan Kilat Yulina Hastuti dalam wawancara ekslusif virtual, Rabu (21/9/2022).

Lebih lanjut Yulina mengatakan, untuk penjemputan, TIKI memiliki fasilitas yaitu Jemputan Online atau dikenal dengan Jempol dimana kurir akan mengambil barang kiriman ke tempat yang telah ditentukan pengirim, dan tanpa dikenakan biaya atau gratis.

Baca juga: Harga BBM Naik, TIKI Belum Berencana Menaikkan Ongkir

"Layanan ini bisa dipakai dengan memesan layanan Jempol yang terdapat di aplikasi TIKI," jelasnya.

Adapun di masa pandemi, TIKI tetap berinovasi meluncurkan beberapa produk dan layanan terbaru melihat kebutuhan jasa pengiriman yang semakin mendesak dan semakin menjadi pilar utama dalam menggerakan roda perekonomian masyarakat mengingat terjadinya pembatasan kegiatan masyarakat.

Kemudian di pertengahan tahun 2020 lalu, TIKI meresmikan peluncuran TIKI Jemput Antar atau disingkat TIKI Putar, yaitu layanan Instant courier dengan jaminan waktu pengantaran hingga 3 jam.

"Untuk tarifnya sangat kompetitif. Selama ini di pasaran, layanan Instant courier dikenakan tarif berdasarkan jarak antaran atau kilometer. Di TIKI, kami tidak memberlakukan sistem tarif seperti itu. Tarif TIKI Putar kami flat yaitu Rp 15.000 per 2 kilogram," jelas dia.

Baca juga: Cara Jadi Agen TIKI, Pahami Syarat dan Keuntungan Jadi Agen TIKI

Sejak diluncurkan pada pertengahan tahun 2020, produk TIKI Putar ini memperoleh sambutan yang sangat baik dari para konsumen. TIKI juga saat ini telah memperluas cakupan layanan TIKI Putar yang pada awal peluncurannya baru berlaku untuk wilayah DKI Jakarta, hingga saat ini telah diperluas di kota-kota besar seperti Bandung, Mataram, dan Cirebon.

"Ke depannya, perusahaan kami juga berencana untuk terus memperluas lagi cakupan layanan city courier ini sehingga diharapkan dapat dinikmati oleh konsumen di kota-kota lainnya," paparnya.

Selain TIKI Putar, perusahaan juga meluncurkan TIKI Serlok atau TIKI Seller Online Booking di pertengahan tahun 2020.

Inisiatif ini diluncurkan karena melihat selama masa pandemi, semakin banyak orang yang mencoba mencari penghasilan dengan menjadi seller online. Seller online ini kebanyakan belum bergabung dengan market place besar dan lebih mengandalkan jaringan media sosial.

"Melalui TIKI Serlok ini, perusahaan ingin membantu usaha online mereka dengan memberikan kemudahan fasilitas dalam hal pengiriman. Dengan mendaftar menjadi anggota TIKI SERLOK, seller online akan mendapatkan diskon harga hingga sebesar 18 persen, fleksibilitas pembayaran H+2 menggunakan virtual account, fasilitas pick up gratis, hingga bonus dan rewarding seller," pungkasnya.

Baca juga: Tutorial Cek Resi TIKI Mudah dan Cepat

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.