Kompas.com - 23/09/2022, 08:39 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Kelautan dan Perikanan mengajak startup Indonesia untuk menggarap Ekonomi Biru.

KKP sendiri mengusung lima program Ekonomi Biru dalam mengelola sektor kelautan dan perikanan di Indonesia.

Hal tersebut guna menjaga kesehatan ekologi dan pertumbuhan ekonomi nasional secara berkelanjutan.

Program-program Ekonomi Biru menawarkan banyak peluang usaha, khususnya bagi para startup atawa usaha rintisan.

Baca juga: Pemerintah Susun Peta Jalan Ekonomi Biru untuk Keluar dari Middle Income Trap

Kelima program ekonomi biru tersebut meliputi perluasan kawasan konservasi dengan target 30 persen dari wilayah perairan Indonesia, penerapan kebijakan penangkapan ikan terukur berbasis kuota, dan pengembangan budidaya laut, pesisir dan darat yang ramah lingkungan.

Selanjutnya penataan pemanfaatan ruang laut, pesisir, dan pulau kecil, serta pengelolaan sampah laut melalui program Bulan Cinta Laut.

Asisten Khusus Menteri Kelautan dan Perikanan Bidang Media dan Komunikasi Publik Doni Ismanto mengatakan, potensi usaha bidang kelautan dan perikanan ini sangat besar.

"Harapan kami dengan adanya lima program Ekonomi Biru bisa menjadi bahan bagi temen-temen startup untuk meyakinkan investor berinvestasi. Investor bisa masuk lewat ekosistem yang telah mereka (startup) bangun," ujar dia dalam program talkshow Bincang Bahari Ekonomi Biru di Mata Startup yang berlangsung secara hybrid dari Kantor Pusat KKP di Jakarta, Kamis (22/9/2022).

Sementara, Direktur Pemasaran Ditjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (Ditjen PDSPKP) Erwin Dwiyana menjelaskan, potensi pasar perikanan di dalam maupun luar negeri sangat besar.

Untuk di dalam negeri dapat dilihat dari terus meningkatnya angka konsumsi ikan nasional dari tahun ke tahun. Pada tahun 2021, angka konsumsi ikan tercatat sebesar 55,37 kg per kapita.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.