Ini Hasil Pertemuan Kemenaker dengan Shopee soal PHK Pekerja

Kompas.com - 23/09/2022, 11:38 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) telah bertemu dengan manajemen PT Shopee Indonesia, pada Kamis (22/9/2022).

Pertemuan tersebut terkait keputusan Shopee melakukan efisiensi dengan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) para pekerjanya.

Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Dirjen PHI-JSK) Kemenaker, Indah Anggoro Putri mengatakan, pertemuan pada Kamis tersebut, bukan merupakan mediasi antara pekerja dan pemberi kerja.

Baca juga: Kala Gelombang PHK Startup Digital Masih Berlanjut...

Melainkan menerima penjelasan dari manajemen Shopee yang lebih dulu bersurat ingin bertemu dengan Kemenaker. "Soal Shopee, sebenarnya bukan mediasi. Karena enggak ada konflik hubungan industrial di Shopee," katanya dihubungi Kompas.com, Jumat (23/9/2022).

Selama pertemuan tersebut, pihak manajemen menjelaskan kepada Kemenaker bahwa PHK dilakukan lantaran pasang surutnya daya beli akibat pengaruh gejolak ekonomi global yang akhirnya mempengaruhi perusahaan.

"Persaingan dalam dunia bisnis adalah wajar, di sini purchasing power (daya beli) publik sedang on-off karena situasi ekonomi global. Seperti perusahaan lainnya, Shopee menyikapi sikon ini dengan melakukan efisiensi," lanjut Putri.

Karena menurut manajemen Shopee, PHK sebagai cara untuk mempertahankan perusahaan dari ancaman pailit (bangkrut).

"PHK mungkin akan menjadi salah satu ikhtiar Shopee dalam proses efisiensi dan survival (bertahan), tapi Kemenaker menyampaikan kepada manajemen Shopee agar dikaji dulu secara serius bahwa memang PHK adalah jalan terakhir," jelas Putri.

Putri bilang, kalau pun PHK tetap harus diambil dalam rangka efisiensi maka harus dilakukan assesment (penilaian) dan pemetaan sumber daya manusia (SDM).

"Manajemen Shopee siap patuh pada saran-saran dari kami dan jika harus mem-PHK maka manajemen Shopee siap patuh pada regulasi ketenagakerjaan yang berlaku," pungkasnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.