Kompas.com - 23/09/2022, 18:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Profesi nelayan ternyata menghadapi beberapa risko terutama saat musim penghujan datang.

Hujan ekstrem juga membuat aktivitas melaut nelayan menjadi lebih berisiko. Selain itu, bidang usaha di bibir pantai misalnya pergaraman juga mendapati risiko serupa ketika memasuki musim penghujan.

Namun demikian nelayan dan petambak garam dapat memindahakan risikonya kepada perusahaan asuransi

Baca juga: AAUI: Lini Bisnis Asuransi Properti dan Kendaraan Masih Mendominasi Pendapatan Premi

Manfaat Asuransi perikanan dan penggaraman

Dilansir dari sikapiuangmu.ojk.go.id, asuransi perikanan merupakan perjanjian antara nelayan atau pembudidaya ikan dengan pihak perusahaan asuransi untuk mengikatkan diri dalam pertanggungan risiko penangkapan ikan atau pembudidayaan ikan.

Sementara itu, asuransi pergaraman merupakan perjanjian antara petambak garam dengan pihak perusahaan asuransi untuk mengikatkan diri dalam pertanggungan risiko usaha pergaraman.

Asuransi perikanan dan pergaraman memberikan jaminan yang melindungi nelayan dari kerugian akibat hilang atau rusaknya sarana penangkapan ikan, pembudidayaan ikan, dan usaha pergaraman.

Baca juga: Topang Industri Asuransi Umum, Premi Asuransi Properti Berkontribusi 32,5 Persen

Apabila nelayan mengalami kehilangan atau kerusakan alat, hal ini membuat nelayan tidak dapat melaut atau menjalankan usaha tambak garam.

Dengan memiliki asuransi, akan ada santunan yang bermanfaat bagi nelayan. Asuransi ini juga dilengkapi dengan asuransi kecelakaan kerja atau kehilangan jiwa yang akan bermanfaat bagi nelayan, pembudidaya ikan, dan petambak garam.

Baca juga: Perlukah Mempunyai Asuransi Properti?

Asuransi perikanan dan pergaraman dapat dimanfaatkan melalui perusahaan asuransi swasta atau mekanisme asuransi subsidi.

Untuk mendaftar asuransi subsidi, dapat dilakukan dengan mendaftar melalui Dinas Perikanan setempat, Penyuluh Perikanan, dan secara online melalui situs web resmi Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Mengingat Indonesia merupakan negara maritim, perikanan memiliki kontribusi pada perekonomian Indonesia.

Untuk itu penting menjamin keberlangsungan usaha nelayan, salah satunya adalah melalui produk asuransi.

Dengan memanfaatkan produk asuransi, tantangan kondisi alam dan risiko yang dihadapi nelayan dapat dimitigasi. Kegiatan usaha menjadi lebih terjamin, nelayan akan lebih sejahtera.

Baca juga: Gandeng Prudential, UOB Indonesia Luncurkan Asuransi Jiwa PRUTect Care di Aplikasi TMRW

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.