Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pekerja Penerima BSU 2022 Tak Punya Rekening Himbara? Ini Kata BPJS Ketenagakerjaan

Kompas.com - 24/09/2022, 10:44 WIB
Mela Arnani

Penulis

KOMPAS.com - BPJS Ketenagakerjaan atau BPJAMSOSTEK telah memfasilitasi pencairan bantuan subsidi upah (BSU) atau subsidi gaji 2022 bagi para pekerja yang memenuhi kriteria tapi tak memiliki rekening himbara.

Deputi Direktur Bidang Humas dan Antar Lembaga BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Oni Marbun mengatakan, para pekerja atau buruh bisa melakukan pengisian data rekening bank himbara secara mandiri.

Hal tersebut dikarenakan, BSU sebesar Rp 600.000 bagi para pekerja hanya disalurkan melalui bank himbara (Bank BRI, BTN, Bank Mandiri, dan BNI), Bank Syariah Indonesia untuk Provinsi Aceh, serta PT Pos Indonesia.

“(Pekerja dengan rekening bank swasta) boleh buka rekening di bank yang resmi menjadi penyaluran BSU," kata Oni saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (24/9/2022).

Adapun pengisian data rekening bank himbara secara mandiri ini bisa dilakukan melalui laman resmi bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id.

"Apabila memenuhi kriteria calon penerima BSU yang tertuang dalam Permenaker Nomor 10 Tahun 2022, silakan melakukan update nomor rekening melalui bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id,” lanjut Oni.

 

Baca juga: Pencairan BSU 2022, Bagaimana untuk Pekerja dengan Rekening Bank Swasta?

Cara isi rekening himbara untuk pencairan BSU 2022

Pengisian data rekening bank himbara untuk mencairkan dana BSU atau BLT subsidi gaji tahun 2022 bisa dilakukan setelah ditetapkan sebagai calon penerima.

Adapun cara pengisian rekening bank himbara untuk pencarian dana BSU 2022 sebagai berikut:

  1. Akses laman https://bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id
  2. Di halaman utama, gulir ke bagian bawah dan akan tersedia fitur “Cek Apakah Kamu Termasuk Calon Penerima BSU?”
  3. Isikan NIK, nama lengkap, tanggal lahir, nama ibu kandung, nomor handphone dan alamat email saat ini.
  4. Setelah seluruh data yang disikan benar, klik tombol “Lanjutkan”, dan sistem akan mencari data sesuai yang Anda inputkan
  5. Jika data yang dimasukkan tersebut termasuk ke calon penerima BSU, akan muncul tombol “Update Rekening Disini”, yang bisa dipakai untuk memasukkan rekening bank himbara.

Setelah data bank himbara yang dimasukkan benar, Anda dapat menunggu proses validasi sesuai Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 10 Tahun 2022.

Nantinya, status penyaluran BSU atau BLT subsidi gaji tahun 2022 dapat dicek secara berkala melalui laman kemnaker.go.id.

Baca juga: Cara Isi Data Pencairan BSU 2022 bagi Pekerja dengan Rekening Bank Swasta

Cara cek status pencairan BSU atau BLT subsidi gaji 2022

Sementara itu, pengecekan status pencairan atau penyaluran BSU 2022 melalui laman kemnaker.go.id dilakukan dengan cara berikut:

  1. Akses laman https://kemnaker.go.id
  2. Bagi yang belum memiliki akun, Anda harus melakukan pendaftaran menggunakan NIK, nama lengkap, nama ibu kandung, dan informasi lainnya yang diperlukan
  3. Anda akan mendapatkan kode OTP ke nomor handphone untuk verifikasi
  4. Setelah pendaftaran berhasil, login atau masuk memakai akun yang telah didaftarkan
  5. Lengkapi profil biodata diri berupa foto profil, status pernikahan, tipe lokasi, dan lainnya
  6. Anda akan mendapatkan notifikasi berupa penetapan calon penerima, ditetapkan sebagai tahap penerima, dan status penyaluran BSU 2022.

Jika dana sebesar Rp 600.000 sudah dicairkan ke nomor rekening bank himbara, notifikasi atau pemberitahuan yang akan muncul sebagai berikut:

“Hai, ada kabar baik nih… Bantuan Subsidi Gaji/Upah 2022 sebesar Rp 600.000 (enam ratus ribu rupiah) telah cair ke rekening Anda di Bank Mandiri. Selamat ya”.

Sebagai informasi, pemerintah mencairkan BSU 2022 secara bertahap hingga Desember mendatang. Sehingga, pencairan BSU tahun ini bisa dicek secara berkala melalui laman Kemnaker atau rekening masing-masing.

Baca juga: Cara Cek Status Penerima BSU 2022 via kemnaker.go.id dan bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com