Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Dukung Target Pendidikan Bermutu, Elnusa Petrofin Gelar Program Petrofin Goes To School di NTT

Kompas.com - 24/09/2022, 11:47 WIB
Tim Konten,
Anissa DW

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Sebagai upaya mendukung program Sustainable Development Goals (SDG’s) tentang tercapainya target pendidikan bermutu, PT Elnusa Petrofin (EPN) menggelar program corporate social responsibility (CSR) bertajuk “Petrofin Goes To School” di SDN Contoh Maumere, Alok Timur, Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat (23/9/2022) .

Rangkaian acara tersebut dihadiri oleh Direktur Administrasi dan Keuangan EPN Hanny Retno Hapsari bersama jajaran manajemen EPN unit Fuel dari Terminal Pertamina Maumere.

Hanny menjelaskan, Petrofin Goes To School merupakan bagian dari acara tahunan EPN yang sempat terkendala akibat pandemi Covid-19. 

“Petrofin Goes To School merupakan kegiatan rutin tahunan yang sempat tertunda selama dua tahun belakang ini karena pandemi COVID-19. Tahun ini, kegiatan digelar di sekolah wilayah operasional Elnusa Petrofin unit Fuel Terminal Pertamina Maumere,” ujar Hanny dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Sabtu (24/9/2022).

Baca juga: Atasi Masalah Sampah, Elnusa Petrofin Gulirkan CSR Budi Daya Maggot di Siantan Hulu Pontianak

Untuk memeriahkan acara, Petrofin Goes To School membawa kelas inspirasi dan kelas profesi. Kedua kelas tersebut dibawakan langsung oleh Perwira dan Pertiwi-sebutan untuk karyawan EPN-serta awak mobil tangki (AMT) yang tergabung dalam tim volunteer EPN.

Kegiatan yang diikuti 117 siswa itu diawali dengan menari bersama di halaman sekolah, lalu para siswa dibagi menjadi empat kelas. Masing-masing kelas memaparkan materi tentang keselamatan berlalulintas, serta pengetahuan tentang pengangkutan bahan bakar minyak (BBM) di wilayah Maumere. 

“Kami ingin memberikan pengenalan kepada anak-anak SDN Contoh Maumere mengenai aktivitas EPN, sekaligus sebagai inspirasi agar anak-anak memiliki gambaran akan menjadi apa kelak,” ujar Hanny.

Dalam kesempatan tersebut, EPN juga memberikan bantuan berupa alat tulis serta dana perbaikan sekolah. Hanny berharap, kegiatan dan bantuan yang diberikan dapat menyokong kegiatan belajar mengajar guru dan siswa.

Baca juga: Dorong Inovasi Armada Mobil Tangki, Elnusa Petrofin Gelar Diskusi bersama Hino Motors Sales

Kedatangan tim EPN itu pun diapresiasi oleh Kepala Sekolah SDN Contoh Maumere Maria Elisabeth Alce. Ia mengaku senang dengan berbagai acara yang disuguhkan, karena mampu memotivasi para siswa untuk menggapai cita-cita mereka.

“Kami para guru turut senang karena Elnusa Petrofin telah memilih sekolah kami. Ilmu yang disampaikan pun memberikan pengalaman yang tak terlupakan untuk kami, termasuk menjadi motivasi untuk anak-anak," ujar Maria.

Maria berharap, hubungan antara EPN dan SDN Contoh Maumere dapat terjalin lebih jauh, khususnya dalam hal kegiatan CSR pendidikan. Ini mengingat sekolah tersebut juga berada di wilayah ring satu EPN unit Fuel Terminal Pertamina Maumere.

Terkait kegiatan CSR selanjutnya, Hanny mengungkapkan, EPN akan terus melakukan berbagai kegiatan serupa pada periode mendatang. 

“Tentunya, kegiatan baik ini dilakukan secara rutin setiap tahunnya, dan akan diadakan dengan lokasi yang berbeda, juga dengan kondisi serta tema berbeda demi kemajuan pendidikan di Indonesia,” kata Hanny. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com