BNI Dukung UMKM Wiracana Handfan Tembus Pasar Ekspor ke 10 Negara Lebih

Kompas.com - 25/09/2022, 17:08 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Corporate Secretary BNI Okki Rushartomo mengatakan, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI terus mendukung para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk tak sekedar meraih keuntungan, tetapi juga menembus pasar ekspor.

Okki mengatakan, kinerja UMKM ekspor tidak hanya mampu membuktikan pembukaan lapangan kerja bagi tenaga kerja di dalam negeri, namun mampu bersaing sehingga mampu membuat bangga Indonesia.

"BNI terus memperkuat komitmennya untuk mendorong kinerja pelaku UMKM untuk tak sekadar naik kelas tetapi juga menembus pasar ekspor dan menjadi kebanggaan bangsa," kata Okki dalam keterangan tertulis, Minggu (25/9/2022).

Baca juga: BNI Siap Bantu Tursinih yang Tak Bisa Cairkan Bansos gara-gara Tanda Titik di KTP

Okki mengatakan, Wiracana Handfan adalah UMKM binaan sekaligus nasabah BNI sejak 20 tahun lebih.

UMKM kriya ini, kata dia, merasa sangat terbantu dengan bimbingan dan binaan dari tim BNI yang menggunakan segala kanal untuk membantu ekspansi UMKM.

Ia berharap lebih banyak UMKM yang berorientasi ekspor lain juga mampu mencontoh Wiracana yang gigih dalam mencari kesempatan pengembangan usahanya.

"Kami terus mencari Wiracana-Wiracana lainnya untuk dapat menjadi kebanggaan dan representasi Indonesia di luar negeri," ucap dia.

Baca juga: Penerima Bansos di Indramayu Tidak Bisa Mencairkan Dana, Ini Kata Bos BNI

Sementara itu, CEO Wiracana Handfan, I Wayan Wiraperdhana bangga mampu menembus setidaknya lebih dari 10 negara seperti Spanyol, Jepang, Amerika, Meksiko, Fiji, Prancis, Jerman, Australia, Italia, serta beberapa negara di Asia Tenggara.

Ia mengatakan, berkat BNI, Wiracana dapat ikut mengisi di Sarinah Department store yaitu melalui produk kipas tangan Wiracana yang berada di ground floor sebagai produk favorit dan unggulan di shopping center.

"Saya nasabah lama, ada 20 tahunan dengan BNI. BNI itu berbeda cara me-maintain nasabah-nasabahnya kalau ada hajatan pasti cepat sekali (diajak), orang-orangnya yang membantu profesional. Membantu nasabah-nasabahnya benar-benar untuk berkembang," kata Wira.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.