Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BNI Dukung UMKM Wiracana Handfan Tembus Pasar Ekspor ke 10 Negara Lebih

Kompas.com - 25/09/2022, 17:08 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Corporate Secretary BNI Okki Rushartomo mengatakan, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI terus mendukung para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk tak sekedar meraih keuntungan, tetapi juga menembus pasar ekspor.

Okki mengatakan, kinerja UMKM ekspor tidak hanya mampu membuktikan pembukaan lapangan kerja bagi tenaga kerja di dalam negeri, namun mampu bersaing sehingga mampu membuat bangga Indonesia.

"BNI terus memperkuat komitmennya untuk mendorong kinerja pelaku UMKM untuk tak sekadar naik kelas tetapi juga menembus pasar ekspor dan menjadi kebanggaan bangsa," kata Okki dalam keterangan tertulis, Minggu (25/9/2022).

Baca juga: BNI Siap Bantu Tursinih yang Tak Bisa Cairkan Bansos gara-gara Tanda Titik di KTP

Okki mengatakan, Wiracana Handfan adalah UMKM binaan sekaligus nasabah BNI sejak 20 tahun lebih.

UMKM kriya ini, kata dia, merasa sangat terbantu dengan bimbingan dan binaan dari tim BNI yang menggunakan segala kanal untuk membantu ekspansi UMKM.

Ia berharap lebih banyak UMKM yang berorientasi ekspor lain juga mampu mencontoh Wiracana yang gigih dalam mencari kesempatan pengembangan usahanya.

"Kami terus mencari Wiracana-Wiracana lainnya untuk dapat menjadi kebanggaan dan representasi Indonesia di luar negeri," ucap dia.

Baca juga: Penerima Bansos di Indramayu Tidak Bisa Mencairkan Dana, Ini Kata Bos BNI

Sementara itu, CEO Wiracana Handfan, I Wayan Wiraperdhana bangga mampu menembus setidaknya lebih dari 10 negara seperti Spanyol, Jepang, Amerika, Meksiko, Fiji, Prancis, Jerman, Australia, Italia, serta beberapa negara di Asia Tenggara.

Ia mengatakan, berkat BNI, Wiracana dapat ikut mengisi di Sarinah Department store yaitu melalui produk kipas tangan Wiracana yang berada di ground floor sebagai produk favorit dan unggulan di shopping center.

"Saya nasabah lama, ada 20 tahunan dengan BNI. BNI itu berbeda cara me-maintain nasabah-nasabahnya kalau ada hajatan pasti cepat sekali (diajak), orang-orangnya yang membantu profesional. Membantu nasabah-nasabahnya benar-benar untuk berkembang," kata Wira.

Dalam masa pemulihan ekonomi ini, Wira mengatakan, pihaknya telah memulai ekspansi dengan kinerja ekspor mencapai 50 persen dari kemampuan pada kondisi normal lalu.

Ia mengatakan, beberapa pelanggan internasional sudah mulai berani datang ke pusat produksi Wiracana di Bali untuk memastikan ketersediaan kipas tangan Wiracana.

"Tentunya dengan pelajaran berharga dari masa pandemi, kami juga merambah pasar ritel online. Dengan demikian kami bisa menyentuh lebih banyak pelanggan yang sulit dijangkau dengan store-store fisik," ujarnya.

Wira juga mengatakan, usahanya kini sudah mampu menghasilkan 1.000 kipas per hari dengan bantuan teknologi canggih, yaitu berupa laser engraver.

"Penerapan mesin ini bertujuan untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas produk. Hasil kipas terbaik juga dijamin dengan dilibatkannya lebih dari 70 seniman lokal, yang rupa desainnya sangat anggun," ucap dia.

Baca juga: BNI Bersinergi Dengan BKPM Dorong UMKM Naik Kelas dengan NIB

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com