40 Gedung Milik KAI Bakal Gunakan PLTS Tahun Depan

Kompas.com - 26/09/2022, 15:05 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) menargetkan ada 40 gedung milik KAI yang tersebar di Jawa dan Sumatera akan dipasang Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) atau solar panel pada 2023.

Direktur Perencanaan Strategis dan Pengembangan Usaha PT KAI Persero Sandry Pasambuna mengatakan, penggunaan PLTS ini sebagai upaya transisi energi yang dilakukan KAI dengan menggunakan Energi Baru Terbarukan (EBT) untuk suplai energi listrik di berbagai aset KAI.

"Untuk tahun 2022 kami masih target 2 gedung yaitu 1 Stasiun Gambir dan 1 Gedung Jakarta Railway Center dan ini adalah pilot project kami. Nanti 2023 kita akan memasang PLTS di 40 bangunan yang tersebar di seluruh Indonesia khusuanya Sumatera dan Jawa," ujarnya dalam jumpa pers di Jakarta, Senin (26/9/2022).

Baca juga: Transisi ke EBT, KAI Pasang Solar Panel di Stasiun dan Perkantoran

Lebih lanjut dia mengatakan, kelistrikan dari penggunaan PLTS ini akan digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti pencahayaan, pendingin ruangan, sound system, dan berbagai peralatan elektronik yang digunakan untuk fasilitas penumpang serta kepentingan operasional kereta api lainnya.

Di Stasiun Gambir, solar panel yang digunakan adalah kapasitas 40,5 kWp. Penggunaan solar panel ini dinilai dapat menghemat penggunaan listrik hingga 6,75 persen dengan asumsi tangkapan energi sinar matahari secara optimal harian selama 4 jam dari pukul 10.00 sampai dengan 14.00.

Ke depan, KAI akan meningkatkan daya solar panel tersebut dan menambah lokasi pemasangannya pada aset-aset KAI lainnya secara bertahap. Diharapkan akan terjadi efisiensi dalam penggunaan dan pengendalian energi bangunan serta penggunaan EBT dapat semakin meluas di seluruh wilayah kerja KAI.

Baca juga: KAI Perketat Pengawasan Paska Penertiban Bangunan Liar di Gunung Antang

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.