Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Merdeka Finansial: Bisa Memisahkan Kebutuhan dan Keinginan

Kompas.com - 26/09/2022, 20:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Nika Halida Hashina dan Ikko Anata

KOMPAS.com - Siapa yang tidak ingin merdeka secara finansial sedini mungkin? Harga kebutuhan hidup yang semakin meningkat akibat inflasi membuat kita perlu melakukan manajemen keuangan sedetail mungkin.

Hal ini dilakukan agar kita tidak mengalami ketidakstabilan keuangan karena pengeluaran yang lebih besar dibanding pemasukan. Untuk itu, penting untuk membuat catatan agar kita bisa mengatur uang untuk prioritas dan keinginan.

Siniar Cuan, Cari Untung Bareng Teman, membahas pentingnya mencapai financial freedom agar kehidupan tidak dilanda kekhawatiran akan keuangan dalam episode berjudul “Investor Lyfe: antara Kebutuhan dan Keinginan”.

Kebebasan finansial dapat diraih dengan memiliki uang yang cukup untuk kehidupan jangka panjang. Hal ini juga sebagai tabungan yang berguna untuk menunjang kehidupan di masa tua.

Berikut adalah hal yang perlu diperhatikan untuk mencapai financial freedom atau merdeka finansial.

Pahami Merdeka Finansial dari Diri Sendiri

Takaran merdeka secara finansial dapat dipahami sesuai tujuan masing-masing individu. Mungkin bagi sebagian orang, mencapai tujuan tertentu sudah merupakan titik aman untuk mencapai financial freedom.

Namun, beberapa orang lainnya mereka menempatkan merdeka finansial dari adanya passive income yang terus mengalir.

Baca juga: Cara Mudah Tingkatkan Awareness Bisnis di TikTok

Mengutip Investopedia, untuk mencapai merdeka finansial, kita dapat menerapkan 50/30/20 yang dipopulerkan oleh Elizabeth Warren. Hal ini membagi pendapatan setelah pajak menjadi tiga kategori pengeluaran, yaitu

  1. 50 persen untuk kebutuhan,
  2. 30 persen untuk keinginan, dan
  3. 20 persen untuk tabungan dan membayar utang.

Selain manajemen pengeluaran tersebut, berikut beberapa cara yang dapat membantu merealisasikan merdeka finansial.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.