Cara Membuat CV Lamaran Kerja yang Baik dan Menarik agar Dipanggil HRD

Kompas.com - 27/09/2022, 00:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Curriculum Vitae (CV) adalah salah satu dokumen yang diperlukan saat mengajukan lamaran kerja di perusahaan atau instansi. Bagi Anda yang akan memasuki dunia kerja, tentu penting untuk mengetahui cara membuat CV lamaran kerja yang baik dan benar. 

CV sendiri merupakan dokumen yang berisi deskripsi singkat mengenai perjalanan hidup seseorang. Isi dari CV biasanya mencakup informasi nama, keterangan tanggal dan tempat lahir, riwayat pendidikan, riwayat pengalaman, riwayat keahlian, prestasi, hingga kontak pribadi.

Dikutip dari Gramedia.com, CV merupakan salah satu syarat wajib untuk melamar pekerjaan. Dengan adanya CV, Anda akan dengan mudah dikenali oleh HRD atau atasan di perusahaan.

Baca juga: 5 Cara Cek Tarif Tol di Indonesia dengan Mudah dan Praktis

CV juga berfungsi sebagai tanda pengenal pertama oleh seorang perekrut. Sebelum melakukan interview kerja, biasanya perekrut akan memeriksa CV pelamar terlebih dahulu.

CV atau daftar riwayat hidup biasanya dilampirkan bersama dengan surat lamaran kerja. Lalu, bagaimana cara membuat CV? 

Cara membuat CV lamaran kerja

Secara umum, CV berisikan nama, tempat tanggal lahir, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, prestasi, dan keterampilan-keterampilan yang dikuasai. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika ingin membuat CV lamaran kerja

1. Buat deskripsi diri secara singkat dan menarik

Saat membuat CV lamaran kerja, Anda dapat menjelaskan gambaran diri yang meliputi kepribadian, kegemaran, aktif dalam kegiatan apa saja yang telah Anda ikuti. Deskripsikan sesuai dengan tujuan Anda dalam melamar di perusahaan.

Selain itu, tuliskan kemampuan apa yang Anda miliki dan persiapkan untuk perusahaan. Ingat, Anda hanya perlu menuliskannya secara ringkas dan hindari deskripsi panjang lebar.

Baca juga: Syarat, Alur, Link, dan Cara Daftar Pendataan Non-ASN 2022

2. Cantumkan pengalaman

Apabila Anda seorang sarjana dan hendak melamar pekerjaan atau magang, Anda bisa menjelaskan kegiatan apa saja yang sudah diikuti. Misalnya menjadi sukarelawan dalam suatu kegiatan di kampus atau luar kampus. 

Selain itu, Anda juga dapat menambahkan kegiatan organisasi dan pengalaman magang. Tentunya deskripsikan hal-hal tersebut secara jelas seperti cantumkan waktu dalam pengalaman-pengalaman yang pernah kamu ikuti.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.