Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukung Ekonomi Kreatif, ICCN Gelar Rakornas

Kompas.com - 27/09/2022, 07:18 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia Creative Cities Network (ICCN) akan menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Tahun 2022 di sejumlah titik di Jakarta mulai 27-29 September 2022.

Ketua Umum ICCN Fiki Satari mengatakan, Rakornas kali ini mengusung tema "Jejaring Lokal Keren" dan akan dihadiri 225 delegasi dari total 240 Kota/Kabupaten jejaring ICCN, seperti Kanot Bu dari Nanggroe Aceh Darussalam, Medan Creative Movement dari Sumatra Utara dan Numbay Creative Forum dari Papua.

"Ini bertujuan menggalang sinergi serta saling mendukung dalam pengembangan ekonomi kreatif dan peningkatan kesejahteraan komunitas juga warga di kota/kabupaten," kata Fiki dalam konferensi pers di iNews Tower, Jakarta Pusat, Senin (26/9/2022).

Baca juga: Sandiaga Uno Bagikan 3 Tips Sukses untuk Pelaku Ekonomi Kreatif

Fiki mengatakan, ICCN merupakan sebuah inisiatif untuk membangun dan mengembangkan ekosistem kreativitas lokal, ekonomi serta industri kreatif dengan mengoptimalkan dan memberdayakan segala potensi yang dimiliki di setiap daerah.

"Tentunya ini dengan menerapkan kolaborasi pelaku kreatif dari unsur Hexa Helix, yaitu Akademisi, Pengusaha/UMKM, Komunitas, Pemerintah Pusat dan Daerah, Media, serta Agregator seperti lembaga keuangan dan inkubator," ujarnya.

Fiki mengatakan, rangkaian acara bertempat di pada beberapa titik di Jakarta yaitu SMESCO, iNews Tower, Sarinah, Pos Bloc, dan M Bloc Space.

Adapun kegiatan mulai dari seminar nasional, talk show jejaring, hingga bersama mengunjungi pusat-pusat kreatif di Jakarta dalam sesi “Telusur Lokal” (Creative Tour).

Ia mengatakan, rangkaian kegiatan juga fokus mengumpulkan potensi dari forum lintas komunitas dari seluruh Indonesia yang menjadi jejaring ICCN, konsolidasi kerja dan strategi kegiatan ICCN di tahun 2022 dan 2023, serta penguatan kepengurusan jejaring ICCN di seluruh Indonesia.

"Acara ini akan dihadiri Menteri BUMN dan Dewan Kehormatan ICCN ErickThohir, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo, Staf Khusus Presiden & Dewan Kehormatan ICCN Putri Tanjung, Ketua Dewan Pengarah ICCN & Komisaris Telkomsel Wishnutama Kusubandio, Ketua Umum ICCN Fiki Satari, serta Ketua Jakarta Creative City Forum (JCCF) Handoko Hendroyono," ucap dia.

Baca juga: Ekonomi Kreatif: Pengertian, Ciri-ciri, Manfaat, dan Contohnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com