Kliring Berjangka Indonesia Angkat Budi Susanto Jadi Direktur, Ini Profilnya

Kompas.com - 27/09/2022, 14:07 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kliring Berjangka Indonesia (KBI) mengumumkan pengangkatan Budi Susanto sebagai direktur perusahaan. Budi ditunjuk untuk menempati posisi direktur yang sebelumnya ditempati oleh Agung Rihayanto.

Pengangkatan yang mengakibatkan perubahan susunan direksi ini sesuai dengan surat keputusan dari menteri BUMN dan direktur utama PT Danareksa (Persero), yang merupakan induk usaha dari KBI.

Terkait susunan Direksi Baru KBI, Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) selaku otoritas di industri perdagangan berjangka komoditi juga telah memberikan persetujuan.

Baca juga: Kartu Prakerja Gelombang 46 Belum Dibuka, Simak Dulu Syarat dan Cara Daftarnya

"Persetujuan ini diberikan setelah sebelumnya dilakukan uji kemampuan dan kepatutan (fit and proper test) terhadap Fajar Wibhiyadi dan Budi Susanto," tulis manajemen KBI, dalam keterangan resmi, Selasa (27/9/2022).

Dilansir dari situs resmi perusahaan, Budi lahir pada 1970 dan merupakan lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Ia pun telah memperoleh gelar Magister Management dari Universitas Indonesia pada 2005.

Budi sebelumnya pernah menjabat sebagai senior auditor Ernst & Young pada 1994. Selain itu, Ia juga menjabat sebagai direktur insititut & retail capital market PT BRI Danareksa Sekuritas dan direktur keuangan dan manajemen risiko PT Kawasan Industri Wijayakusuma sejak tahun 2021.

Baca juga: Lowongan Kerja di Perusahaan Kelapa Sawit, Simak Posisi dan Syaratnya

Tidak mengubah rencana korporasi

Terkait pengangkatan Budi, Corporate Secretary KBI Dihan Yusro mengatakan tidak akan terdapat perubahan rencana korporasi. Perusahaan akan tetap fokus bergerak pada 3 lini usaha yang dimiliki.

"Saat ini, KBI sendiri memiliki 3 lini usaha, yaitu sebagai Lembaga Kliring Penjaminan dan Penyelesaian Transaksi atas Perdagangan Berjangka Komoditi dan Pasar Fisik Komoditas di Bursa Berjangka Jakarta, serta sebagai Pusat Registrasi Resi Gudang," tuturnya.

Lebih lanjut Ia bilang, KBI akan terus melakukan peningkatan layanan penerima kepada para pemangku kepentingan. Ini khususnya terkait peran sebagai lembaga kliring dan pusat registrasi resi gudang.

"Selain itu, KBI juga akan melakukan berbagai inisiasi bisnis baru," ucapnya.

Baca juga: Pesangon Karyawan Indosat Capai 75 Kali Upah, Begini Cara Hitung Uang Kompensasi PHK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.