Berapa Total Insentif yang Didapat dari Kartu Prakerja? Simak Rinciannya

Kompas.com - 27/09/2022, 15:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Program Kartu Prakerja telah dibuka sebanyak 45 gelombang. Saat ini, masyarakat masih menunggu gelombang prakerja terbaru yang diprediksi bakal dibuka pada minggu ini.

Program Kartu Prakerja sendiri dapat dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat Indonesia yang memenuhi masyarakat.

Kegunaan Kartu Prakerja sendiri untuk menerima saldo digital dan penerima dapat memanfaatkan saldo tersebut sebagai metode pembayaran pelatihan yang tersedia melalui platform digital seperti Tokopedia, Bukalapak, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Pijar, Pintar, Kariermu, dan lainnya.

Baca juga: Prakerja Gelombang 45 Diumumkan, Ini Cara Cek Lolos Kartu Prakerja

Dengan itu, peserta diharapkan dapat memaksimalkan hal tersebut untuk mengikuti pelatihan dan meningkatkan kemampuan sebagai bekal mencari kerja atau berwirausaha.

Diansir dari laman prakerja.go,id, setiap perserta akan mendapatkan insentif Kartu Prakerja atau total uang sebesar Rp 3,55 juta.

Rinciannya, sebanyak Rp 1 juta merupakan bantuan pelatihan. Sementara, setelah menyelesaikan pelatihan dan mendapatkan sertifikat, peserta akan mendapatkan 2 jenis insentif.

Pertama, peserta akan mendapatkan insentif biaya mencari kerja sebesar Rp 600.000 per bulan selama 4 bulan. Sehingga total jumlah insentif ini mencapai Rp 2,4 juta

Kemudian, peserta juga akan mendapatkan insentif pengisian survei evaluasi sebesar Rp 50.000 per survei dengan total mencapai Rp 150.000.

Kedua insentif Kartu Prakerja tersebut akan diberikan setelah peserta memberikan ulasan dan penilaian terhadap pelatihan di dashboard masing-masing peserta.

Baca juga: Kartu Prakerja Gelombang 46 Belum Dibuka, Simak Dulu Syarat dan Cara Daftarnya

Insentif disalurkan secara non tunai melalui metode transfer ke nomor rekening bank atau e-wallet. Oleh karena itu, nomor rekening atau e-wallet yang didaftarkan perlu lebih dahulu tervalidasi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.