LPS Prediksi Bunga Deposito Perbankan Naik Jelang Akhir Tahun

Kompas.com - 27/09/2022, 15:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) memperkirakan perbankan nasional baru akan menaikkan suku bunga deposito menjelang akhir tahun ini.

Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa mengatakan, saat ini perbankan sudah mulai terlihat menaikkan suku bunga deposito namun masih belum signifikan.

Berdasarkan data LPS terbaru, suku bunga pasar simpanan rupiah naik 11 basis poin (bps) menjadi 2,47 persen selama 22 Agustus-16 September 2022. Sedangkan suku bunga pasar simpanan valuta asing naik 20 bps menjadi 0,44 persen.

"Kalau kita lihat dari tren dalam beberapa minggu terakhir, data itu belum menunjukkan kenaikan yang terlalu signifikan," ujarnya saat konferensi pers virtual, Selasa (27/9/2022).

Baca juga: Berapa Total Insentif yang Didapat dari Kartu Prakerja? Simak Rinciannya

Padahal Bank Indonesia (BI) telah dua kali menaikkan suku bunga acuannya pada rapat dewan gubernur Bank Indonesia (BI) periode Agustus dan September 2022 sebesar 75 bps menjadi 4,25 persen.

"Jadi walau bank sentral sudah menaikkan suku bunga acuannya, respons dari pasar belum terlalu signifikan ya," kata Purbaya.

Dia melanjutkan, perbankan akan mulai bergerak menaikkan suku bunga depositonya setelah LPS menaikkan tingkat bunga penjaminan sebesar 25 bps menjadi 3,25 persen pada Selasa (27/9/2022).

Namun kenaikan bunga deposit perbankan baru akan terjadi di akhir tahun 2022 lantaran likuiditas perbankan masih cukup berlimpah. Hal ini tercermin dari rasio alat likuid (AL) terhadap non-core deposit (NCD) dan pihak ketiga perbankan yang di kisaran 117,99 persen.

Baca juga: Presiden Jokowi Sebut Penyaluran BSU Sudah 48,3 Persen

"Biasanya memang perbankan akan lebih responsif terhadap suku bunga penjaminan LPS. Jadi saya pikir dengan dinaikkannya 25 bps dia akan naik pelan-pelan ke depan. Mungkin sampai akhir tahun," ucapnya.

Dia memperkirakan kenaikan bunga deposito di akhir tahun sekitar separuh dari kenaikan tingkat bunga penjaminan LPS yang sebesar 25 bps yaitu sekitar 10-15 bps.

Saat ini, bunga deposito rupiah perbankan jika dikategorikan berdasarkan Kelompok Bank berdasarkan Modal Inti (KBMI), yaitu KBMI 1 sebesar 2,70 persen, KBMI 2 sebesar 2,34 persen, KBMI 3 sebesar 2,05 persen, dan KBMI 4 sebesar 1,88 persen.

"Jadi KBMI 1 dari 2,70 persen mungkin naik bisa sampai 2,80-2,90 persen. Bunga deposito akan naik tapi saya pikir akan terbatas karena kondisi likuiditas perbankan yang masih cukup baik," tuturnya.

Baca juga: Fujifilm dan Semangat Berbagi untuk Hidup Bersama Lebih Baik

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.