Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nelayan Campurejo Gresik Menginap di SPBU demi Beli Solar, Ini Kata Pertamina

Kompas.com - 27/09/2022, 15:40 WIB
Kiki Safitri,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Para nelayan Desa Campurejo, Kecamatan Panceng, Gresik, Jawa Timur, harap-harap cemas menantikan bahan bakar minyak (BBM) jenis solar untuk mendukung aktivitas mereka. Bahkan, para nelayan rela menginap di SPBU untuk menunggu pasokan solar dari PT Pertamina.

Area Manager Communication, Relations & CSR Patra Niaga Jatimbalinus, Deden Mochhammad Idhani mengatakan, hal tersebut terjadi pekan lalu dan saat ini sudah kondusif.

“Saat ini, SPBU sudah berkoordinasi dengan Polsek setempat untuk pengamanan dan Kondisi dilapangan. Alhamdulillah hingga saat ini kondusif,” ujar Deden saat dihubungi Kompas.com, Selasa (27/9/2022).

Baca juga: Apakah Harga BBM Solar, Pertalite, Pertamax Bisa Turun? Ini Penjelasan Pertamina

Deden bilang, masalah tersebut muncul akibat keterbatasan jumlah SPBU yang ada di Campurejo. Di sisi lain, stok BBM jenis solar juga mengalami keterbatasan.

“Di daerah Campurejo Gresik terdapat 2 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), yakni SPBU 54.611.14 dan SPBUN 59.611.01 (proses finalisasi kontrak) dan kebutuhan nelayan di daerah Panceng hanya dilayani oleh SPBU 54.611.14,” ujar Deden saat dihubungi Kompas.com, Selasa (27/9/2022).

Deden mengatakan, penyaluran BBM solar subsidi ke SPBU 54.611.14 adalah 24 kiloliter per hari untuk transportasi logistik jalur pantura dan nelayan. Jumlah tersebut dinilai tidak mencukupi, dan para nelayan Desa Campurejo menuntut agar SPBU bisa menyediakan BBM solar 4 kiloliter per hari hanya untuk nelayan Desa Campurejo.

“Nelayan Desa Campurejo meminta jatah alokasi BBM solar subsidi 4 kiloliter setiap hari. Untuk mengatasi hal itu, tanggal 22 dan 23 September 2022 kami melakukan mediasi antara SPBU, Dinas Perikanan Campurejo, perwakilan nelayan, dan Polsek setempat,” lanjut dia.

Baca juga: Erick Thohir Luncurkan Program Solar untuk Nelayan di Cilacap

Adapun kesepakatan yang diperoleh dari mediasi tersebut yakni para nelayan tetap dilayani selama memiliki rekomendasi yang valid dari Dinas Kelautan dan Perikanan atau DKP setempat. Selain itu, para nelayan juga wajib mengikuti seluruh prosedur, dan menjaga aspek safety selama pengisian di SPBU.

“Nantinya akan dilakukan penambahan pengiriman ke SPBU dari 24 kiloliter menjadi 32 kiloliter, serta percepatan pengoperasian SPBUN 59.611.01 yang saat ini dalam finalisasi kontrak agar nelayan tidak lagi mengisi solar di SPBU,” ungkapnya.

Baca juga: Siap-siap, Program Solar untuk Koperasi Nelayan Bakal Diuji Coba

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com