Erick Thohir Bakal Bangun Pos Block di Bandung dan Surabaya

Kompas.com - 28/09/2022, 11:47 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (UMKM) akan menambah jumlah Pos Bloc yang nantinya akan dibangun di Bandung dan Surabaya. Pos Bloc merupakan ruang kreatif publik yang menyediakan sejumlah usaha kecil dan menengah (UKM)

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan penambahan jumlah Pos Bloc diharapkan bisa membuka ruang sebesar-besarnya untuk para pelaku usaha kreatif yang menyediakan sejumlah usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) seperti kuliner dan produk kreatif.

"Post Bloc, di Jakarta sudah buka, Medan sudah dan kita dorong supaya dibangun di Bandung dan Surabaya rencananya tahun ini. Artinya apa? kita bisa kalau mau. BUMN mendorong aset-aset BUMN menjadi friendly kepada UMKM dan kreatif industri," ujarnya dalam Konferensi Pers BUMN Next Gen 2022 di Jakarta, Rabu (28/9/2022).

Baca juga: Rupiah Masih Bertengger di Rp 15.100, Ini Strategi BI untuk Mengatasinya


Erick Thohir menuturkan dengan membangun fasilitas-fasilitas publik seperti Post Bloc, M Bloc Space hingga Sarinah, bisa mendorong pembangunan pop culture di Tanah Air, hingga membuka peluang kepada UMKM untuk memasarkan produknya.

Erick mengatakan Sarinah pada awal-awal dibuka banyak UMKM yang tidak percaya diri bisa menjual produknya di sana.

"Itu bukan awal yang mudah kemarin sampai saya undang langsung UMKM-nya, ayo yakin Sarinah ini jalan. Karena kita punya ritel dan lifestyle, ada public space, komunitas musik bisa main, pameran budaya," jelas Erick.

Erick menambahkan, dengan usaha tersebut, Sarinah saat ini menjadi lebih modern. Bahkan dalam waktu 5 bulan dibuka setelah direnovasi, bisa mendatangkan 6 juta pengunjung.

Baca juga: Terus Melemah, Nilai Tukar Rupiah Tembus Rp 15.200 Per Dollar AS

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.