Program Kompor Listrik Batal, Wamen BUMN: Belum Ada Rencana Melanjutkan

Kompas.com - 28/09/2022, 20:37 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Pahala Nugraha Mansury mengatakan, saat ini belum ada rencana untuk melanjutkan program konversi kompor elpiji 3 kg ke kompor listrik.

“Ya begitulah kurang lebih. Mungkin bisa ditanyakan ke pihak PLN. Kelihatannya kita belum ada rencana untuk melanjutkan penggunaan kompor listrik,” kata Pahala saat ditemui di Sarinah-Thamrin Jakarta, Rabu (28/9/2022).

Di sisi lain, Pahala mengatakan, pihaknya akan mendorong program jaringan gas atau jargas. Ia menargetkan hingga akhir tahun pemerintah akan memasang sedikitnya 300.000 sambungan jargas.

“Jargas kita bagus, rencananya mungkin sampai dengan akhir tahun bisa 300.000 sambungan jargas terpasang,” katanya.

Pahala mengungkapkan, pada awalnya pemerintah ingin melakukan beberapa diversifikasi dalam penggunaan kompor.

“Antara kompor induksi dan jargas ini awalnya akan kita lakukan bersama-sama. Jumlah pengguna kompor di Indonesia itu banyak sekali, apakah pengguna elpiji, DME, kompor induksi ataupun jargas,” lanjut dia.

Sebelumnya, PT PLN (Persero) membatalkan program pengalihan kompor Elpiji 3 kg ke kompor listrik. Hal ini disampaikan oleh Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo pada Selasa (27/9/2022). Darmawan mengatakan, langkah ini dilakukan guna menjaga kenyamanan masyarakat dalam pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19.

“PLN memutuskan program pengalihan ke kompor listrik dibatalkan. PLN hadir untuk memberikan kenyamanan di tengah masyarakat melalui penyediaan listrik yang andal,” ujar Darmawan Prasodjo.

Baca juga: Program Kompor Listrik Batal, Luhut: Kita Tidak Ingin Buru-buru

Sementara itu, Menteri BUMN Erick Thohir sedikit berkomentar terkait dengan pembatalan program uji coba konversi kompor elpiji ke kompor listrik ini.

“Ada PLN, tanya sama PLN,” ujar Erick.

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.