Ekonomi Sirkular Berpotensi Sumbang PDB hingga Rp 638 Triliun pada 2030

Kompas.com - 28/09/2022, 21:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ekonomi sirkular dari bisnis daur ulang sampah di Indonesia berpotensi menyumbang produk domestik bruto (PDB) sebesar Rp 593 triliun sampai Rp 628 triliun dari lima sektor usaha pada tahun 2030.

Kasub Dir Prasarana dan Jasa Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah, dan Bahan Beracun Berbahaya (B3), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Edward Nixon Pakpahan mengatakan, ekosistem bisnis daur ulang sampah harus dipercepat.

Sebagai negeri yang dengan reputasi global sebagai penghasil sampah nomor dua di dunia, Indonesia sebenarnya ada potensi besar untuk diubah jadi lebih positif dan menguntungkan.

Baca juga: Masyarakat dapat Kelola Sampah Plastik Rumah Tangga untuk Dukung Ekonomi Sirkular

Nixon menerangkan, dengan menggerakkan ekonomi sirkular yang menitikberatkan pada daur ulang sampah, maka sampah bukan lagi dilihat sebagai persoalan. Namun, sampah tapi akan dipandang sebagai sumber daya ekonomi baru yang berkelanjutan.

"Selain punya nilai ekonomi tinggi, binis sirkular dengan penekanan daur ulang sampah plastik dan non plastik juga bermanfaat besar bagi lingkungan," kata dia dalam keterangan resi, Rabu (28/9/2022).

Ia menambahkan, manfaat tersebut terutama dari berkurangnya limbah di setiap sektor usaha hingga sebesar 18 sampai 52 persen pada tahun 2030.

Dari segi manfaat sosial, pengelolaan sampah secara sirkular ini juga bisa menciptakan 4,4 juta lapangan kerja baru pada tahun 2030.

"Saat ini penerapan ekonomi sirkular di Indonesia baru mencapai fase pengembangan," imbuh dia.

Nixon memerinci, fase pertama adalah analisis potensi ekonomi lingkungan dan sosial, diikuti fase kedua yaitu pengembangan rencana aksi ekonomi sirkular nasional (RAN-ES).

Selanjutnya, fase ketiga adalah pembuatan platform ekonomi sirkular dan uji coba proyek.

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.