Menguat, Rupiah Siang di Bawah Level Rp 15.250 Per Dollar AS

Kompas.com - 29/09/2022, 11:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS di pasar spot pada sesi perdagangan Kamis (29/9/2022) pagi hari dibuka menguat. Penguatan ini selaras dengan mulai turunnya indeks dollar AS dari level tertinggi.

Mengacu kepada data Bloomberg, nilai tukar rupiah terhadap dollar AS dibuka pada level Rp 15.228 per dollar AS, melemah dibanding posisi penutupan sebelumnya sebesar Rp 15.267 per dollar AS.

Terpantau pada pagi hari ini nilai tukar rupiah bergerak fluktuatif. Adapun sampai dengan pukul 11.32 WIB, mata uang Garuda diperdagangkan pada level Rp 15.243 per dollar AS, menguat 0,1 persen.

Baca juga: Ekonom Ungkap Penyebab Rupiah Melemah ke Rp 15.200 per Dollar AS

Berdasarkan data Investing, indeks dollar AS pada perdagangan 28 September kemarin ditutup pada level 112,51 setelah sempat mencapai level tertinggi di kisaran 114. Adapun pada hari ini, terpantau indeks mata uang Negeri Paman Sam itu bergerak di kisaran 113.

Selain indeks dollar AS, imbal hasil obligasi pemerintah AS juga terpantau mulai menurun. Setelah sempat menyentuh level 4 persen, saat ini imbal hasil obligasi pemerintah AS tenor 10 tahun berada pada kisaran 3,76 persen.

Seiring dengan penurunan tersebut, nilai mata uang regional Asia selain rupiah terpantau menguat, mulai dari dollar Taiwan menguat 0,11 persen, won Korea Selatan menguat 0,37 persen, peso Filipina menguat 0,13 persen, rupee India menguat 0,28 persen, hingga yuan China menguat 0,18 persen.

Selain indeks dollar AS dan yield treasury yang merosot, apresiasi rupiah dinilai tidak terlepas dari langkah stabilisasi yang dilakukan oleh Bank Indonesia (BI). Langkah triple intervention serta operation twist disebut mampu menjaga daya tarik investasi di pasar surat berharga negara (SBN) domestik.

"Bank Indonesia juga berpotensi untuk kembali menaikkan suku bunga acuannya dalam rangka untuk menjangkar inflasi yang cenderung meningkat sekaligus di saat bersamaan mendorong stabilitas nilai tukar rupiah," ujar Kepala Ekonom Bank Permata, Josua Pardede.

Baca juga: Kembali Melemah, Rupiah Tembus Rp 15.250 Per Dollar AS

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.