Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendag Zulhas: Kemendag Siapkan “Jalan Tol” untuk UKM Go International

Kompas.com - 29/09/2022, 12:11 WIB
Elsa Catriana,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan, Kementerian Perdagangan telah menyiapkan “jalan tol” bagi usaha kecil, dan menengah (UKM) Indonesia agar semakin maju dan berkembang terutama dapat go international.

Hal ini sebagai bentuk komitmen dukungan Kemendag untuk pelaku UKM Indonesia.

"UKM merupakan usaha padat karya, banyak orang yang terlibat. Kalau ingin menjadi negara maju, UKM harus didukung," kata Mendag Zulkifli Hasan dalam siaran resminya dikutip Kamis (29/9/2022).

Baca juga: Peringati 100 Hari Kerja Mendag Zulhas, Pedagang Pasar: Jangan Banyak Pencitraan..

Mendag Zulkifli Hasan menuturkan, Kementerian Perdagangan telah menyiapkan jalan tol agar produk UKM dapat memasuki pasar internasional, khususnya pasar baru.

Di antaranya, melalui perjanjian dagang dengan dengan negara mitra dagang nontradisional. "Agar UKM kita bisa menyerbu pasar internasional, salah satunya dengan membuka pasar baru potensial. Misalnya perjanjian dengan Uni Emirat Arab untuk membuka pasar Timur Tengah, Asia Tengah, Afrika, serta Eropa Timur,” ujar Mendag Zulifli Hasan.

Mendag Zulkifli Hasan juga mengajak pelaku UKM, khsusnya busana muslim untuk mengikuti pameran internasional. Salah satunya dengan berpartisipasi dalam Jakarta Muslim Fashion Week yang digelar bersamaan dengan Indonesian Trade Expo ke-37 pada Oktober 2022 mendatang.

"Pada pameran ini buyer dari seluruh dunia akan hadir dan Kementerian Perdagangan menyediakan stan khusus untuk UKM," imbuh Mendag Zulkifli Hasan.

Mendag Zulkifli Hasan juga menyiapkan program pembinaan pelaku UKM agar memasuki pemasaran digital. UMKM harus memasuki platform digital agar dapat bersaing. "Ini semua bisa dipelajari melalui pelatihan pemasaran digital," ungkapnya.

Dialog dengan UMKM di Rembang Pada hari yang sama, Mendag Zulkifli Hasan juga berdialog dengan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), serta pedagang hasil tani dan laut di Rembang, Jawa Tengah. Acara ini juga dihadiri Bupati Rembang Abdul Hafidz.

"Tugas Pemerintah adalah membina UMKM agar maju dan berkembang. Di antara melalui pengembangan produk dan SDM, memfasilitasi permodalan, serta penyediaan akses pasar," kata Mendag Zulkifli Hasan.

Di Rembang, Mendag Zulkifli Hasan juga meninjau pembangunan Kota Pusaka Lasem, Pasar Kreatif, serta kawasan pedagang kaki lima dan UMKM.

"Saya mendukung penuh pengembangan Kota Pusaka menjadi daerah wisata sehingga dapat memajukan UMKM. Saya juga mendukung Pasar Kreatif, salah satu pasar terbaik dengan fasilitas modern. Bersyukurlah Rembang dapat pasar yang megah," pungkas Mendag Zulkifli Hasan.

Baca juga: Mendag Minta Anggaran Jumbo Rp 100 Triliun ke Jokowi, Buat Apa?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com