Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tarif Tol Bakal Disesuaikan, Kementerian PUPR: Pertimbangan Kemampuan Masyarakat

Kompas.com - 29/09/2022, 13:15 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan sekaligus Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S. Atmawidjaja mengatakan, hingga saat ini, rencana penyesuaian tarif baru jalan tol masih dibahas antara Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Badan Pengaturan Jalan Tol (BPJT).

"Sampai sekarang saya belum menerima adanya usulan (kenaikan tarif tol) mungkin masih dibahas BPJT atau di meja pak menteri," kata Endra saat ditemui di Gedung Kementerian PUPR, Jakarta, Kamis (29/9/2022).

Endra mengatakan, beberapa jalan tol akan mengalami penyesuaian tarif karena sudah jatuh tempo yaitu setiap 2 tahun sekali.

Baca juga: Menteri PUPR Akan Lakukan Penyesuaian Tarif Tol akibat Kenaikan Harga BBM

Meski demikian, ia mengatakan, pihaknya tetap mempertimbangkan kemampuan masyarakat (willingness to pay) seiring terjadinya inflasi.

"Dan sekarang willingnes to pay dan ability to pay masyarakat juga tereduksi karena kenaikan harga BBM ini, inflasi, jadi tidak semata-mata faktor standar pelayanan dan juga faktor 2 tahun itu," ujarnya.

Baca juga: 5 Cara Cek Tarif Tol di Indonesia dengan Mudah dan Praktis

Sebelumnya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pihaknya berencana untuk melakukan penyesuaian tarif tol.

Ia mengatakan, hal ini dilakukan melihat perekonomian nasional yang kembali bergerak dan aturan baru terkait harga bahan bakar minyak (BBM).

"Kalau tarif tol karena ini kondisi pandemi Covid-19 agak saya tahan-tahan (kenaikan tarif tol), sekarang sudah bergerak ekonominya, sesuai aturan, sesuai inflasi, kita coba penyesuaiannya (tarif tol)," kata Basuki saat ditemui usai meninjau Tol Ciawi-Sukabumi Seksi 2, Jalan Tenjo Ayu, Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (20/9/2022).

Baca juga: Daftar Tarif Tol Surabaya-Gresik 2022 untuk Golongan I-V


Meski demikian, Basuki mengatakan, penyesuaian tarif tol akan mempertimbangkan kemampuan masyarakat yang dilihat dari hasil survei.

"Selama penyesuaiannya willingness to pay-nya masih di bawah yang kita selalu survei, kita akan sesuaikan," ujarnya.

Lebih lanjut, Basuki mengatakan, penyesuaian tarif tol akan berpengaruh pada pelayanan tol dan iklim investasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com