Update Data Nakes secara Mandiri hingga 28 Oktober, Ini Link dan Caranya

Kompas.com - 29/09/2022, 18:00 WIB
Penulis Mela Arnani
|

KOMPAS.com - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah merilis portal pengkinian data atau update data para tenaga kesehatan (nakes) secara mandiri melalui nakes.kemkes.go.id.

Pengisian data nakes secara online akan berlangsung hingga 28 Oktober 2022, di mana tahap pertama ini ditujukan bagi para dokter, dokter gigi, dokter spesialis, dan dokter gigi spesialis.

Disadur dari laman resmi Kemenkes, secara bertahap pengkinian data tenaga kesehatan dikembangkan untuk memuat data perawat, bidan, kesehatan lingkungan, ahli teknologi laboratorium medik, apoteker, kesehatan masyarakat, dan tenaga gizi. 

Baca juga: Kemenkes Rilis Portal Update Data Nakes secara Mandiri, Klik nakes.kemkes.go.id

Adapun portal pengkinian data tenaga medis ini sebagai wujud transformasi kesehatan, transformasi sumber daya kesehatan, dan transformasi teknologi kesehatan.

“Pengkinian data ini sudah terintegrasi. Rencananya setiap bulan September akan terus dilakukan pengkinian data nakes dan harapannya dengan adanya data terkini dan terintegrasi memudahkan nakes dalam melakukan pelayanan kesehatan dan juga memudahkan pengambilan kebijakan yang berkaitan dengan nakes ke depannya," ujar Direktur Jenderal Tenaga Kesehatan, drg. Arianti Anaya, MKM dikutip dari keterangan resmi, Kamis (29/9/2022).

Link dan cara isi data tenaga kesehatan Kemenkes 2022

Disebutkan bahwa portal https://nakes.kemkes.go.id bertujuan untuk melakukan integrasi data dari berbagai sumber yang saat ini masih terfragmentasi.

Tenaga kesehatan dapat memeriksa terdaftar tidaknya di SISDMK (Sistem Informasi Sumber Daya Manusia Kesehatan), telah mempunyai STR (Surat Tanda Registrasi) dan SIP (Surat Izin Praktik).

Selain itu, pengkinian data pendidikan, informasi kontak, dan tempat praktik juga dapat dilakukan melalui portal ini.

Baca juga: FMCG Insights Minta Kemenkes Dukung BPOM soal Pelabelan BPA Galon Air

Terkait dengan cara melakukan pengisian data nakes di portal Kemenkes sebagai berikut:

  • Akses laman nakes.kemkes.go.id
  • Pilih jenis tenaga kesehatan dan jenis profesi
  • Masukkan NIK, nama sesuai KTP, dan tanggal lahir
  • Setelah itu, klik tombol “Periksa data”

Jika data Anda belum terdaftar sebagai tenaga kesehatan, maka wajib melengkapi sejumlah data diri yang diperlukan.

Dalam hal pengisian data nakes Kemenkes ini, Anda diminta melengkapi informasi data diri, pendidikan, organisasi profesi, STR, SIP, dan pemeriksaan data kembali sebelum menyimpannya.

Sementara itu, bagi nakes yang mengalami kesulitan dalam pengisian data, dapat menghubungi Halo Kemenkes di nomor 1500-567 atau surel kontak@kemkes.go.id.

Baca juga: Cara Cek Tagihan Iuran BPJS Kesehatan secara Online via WhatsApp dan Aplikasi Mobile JKN

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.