Erick Thohir dan Sandiaga Uno Komitmen Dukung Permodalan dan Kemampuan UMKM Perempuan

Kompas.com - 29/09/2022, 20:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah, melalui Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno berkomitmen untuk mendukung permodalan dan peningkatan kemampuan ribuan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang tergabung dalam Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI).

Dalam gelaran Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Iwapi 2022, Erick Thohir mengatakan, sebenarnya Kementerian BUMN lewat PT Permodalan Nasional Madani (PNM) telah memberikan bantuan permodalan yang dikhususkan kepada pelaku UMKM perempuan.

Namun demikian, Ia memastikan, pihaknya siap bekerjasama dengan ribuan anggota perempuan pengusaha IWAPI, guna mendongkrak jumlah pelaku UMKM perempuan.

Baca juga: Perempuan Pelaku UMKM Masih Punya Banyak Tantangan

"Sebenarnya, kami dari BUMN sudah lama punya program yang sangat signifikan dan kuat, yaitu PNM Mekaar. Di mana permodalan kepada ibu-ibu ultra mikro di desa-desa ada pinjaman modal Rp 1 juta sampai Rp 4 juta, jumlah nasabahnya pun sudah 12,6 juta orang, dan kita akan dorong terus sampai 20 juta nasabah," ujar Erick, Kamis (29/9/2022).

Lebih lanjut Erick menilai, pengusaha atau pelaku UMKM perempuan, sangat teliti dan mampu membangkitkan ekonomi keluarga di berbagai daerah, sehingga pada akhirnya mampu mendongkrak kinerja ekonomi nasional.

"Ini potensi yang luar biasa, bahwa ekonomi Indonesia akan terus tumbuh 5 persen ke depan. Dan saya berharap, IWAPI-BUMN, bisa bersinergi," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Sandiaga Uno menyebutkan, saat ini pelaku UMKM perempuan memiliki peranan besar terhadap ekonomi kreatif nasional.

Baca juga: Menaker Dorong Pelaku UMKM Perempuan Beralih ke Ekosistem Digital

"Inilah, tulang punggung 75 persen dari ekonomi kreatif kita dan memanfaatkan teknologi platform digital. Lalu, 60 persen dari usaha ibu-ibu, dibantu oleh konten-konten kreatif, dan sekarang Indonesia merangsek posisi 3 besar dunia dari ekonomi kreatif," tuturnya.

Guna meningkatkan kembali angka-angka tersebut, pria yang akrab disapa Sandi itu bilang, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pun akan secara sukarela menggandeng ribuan anggota IWAPI, untuk masuk ke ekosistem digital, sehingga mampu memperluas jangkauannya.

"Kita bisa pulih kalau IWAPI bekerjasama dengan kita up-skilling, re-skilling dan new-skilling. Kita punya beberapa program, mulai dari Kata Kreatif, Apresiasi Kreasi Indonesia, Widuri, Wirausaha Digital dan Mandiri, nanti kita gerakan cinta dan bangga produk lokal," ujarnya.

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.