Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BTPN Salurkan Kredit Rp 149,26 Triliun hingga Akhir Juni, Masih Didominasi Segmen Korporasi

Kompas.com - 29/09/2022, 21:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank BTPN Tbk (BTPN) mencatat pertumbuhan kredit sebesar 10 persen secara year on year (yoy) hingga akhir Juni 2022 menjadi Rp 149,26 triliun.

Direktur Utama BTPN Henoch Munandar mengatakan, pada Semester I 2022 kualitas kredit BTPN tetap baik. Hal ini tercermin dari rasio gross non performing loan (NPL/kredit macet) yang turun pada akhir Juni menjadi 1,35 persen dibanding 1,46 persen pada Juni 2021.

Gross NPL di paruh pertama 2022 ini tidak hanya turun dari tahun sebelumnya, tetapi juga di bawah rerata gross NPL industri perbankan nasional yang sebesar 2,86 persen.

Baca juga: Bank BTPN Angkat Henoch Munandar sebagai Direktur Utama

"Bank BTPN tentu selalu menjalankan prinsip kehati2an dlm melakukan pinjaman seperti yang tercermin dari catatan persentase NPL kami yang masih cukup baik," ujarnya saat public expose virtual, Kamis (29/9/2022).

Henoch menjelaskan, saat ini komposisi portofolio kredit BTPN masih didominasi oleh segmen korporasi. Namun, ke depan perseroan akan memfokuskan pada penyaluran kredit ke segmen UMKM sesuai dengan yang ditetapkan oleh regulator sebesar 30 persen dari total kredit.

Adapun berdasarkan berita sebelumnya, pertumbuhan kredit BTPN di Semester I 2022 berasal dari segmen korporasi yang tumbuh 22 persen yoy.

"Tentu kita juga melihat supply and demand yang terjadi dan juga kapabilitas dan kapasitas kami untuk mengejar di segmen UMKM. BTPN terus berkomitmen untuk mengembangkan sektor UMKM," ucapnya.

Baca juga: BTPN Catatkan Laba Bersih Rp 1,67 Triliun pada Semester I-2022

Layanan bank digital BTPN, Jenius, juga mencatatkan penyaluran kredit yang positif di periode yang sama. Jenius menyalurkan kredit melalui produk Flexi Cash sebesar Rp 602 miliar atau naik 148 persen yoy dari Rp 243 miliar di tahun sebelumnya.

Wakil Direktur Utama Bank BTPN Darmadi Sutanto menambahkan, perseroan menargetkan pertumbuhan penyaluran kredit melalui dua produk kredit di Jenius yaitu Fexi Cash dan Digital Micro dapat tumbuh dua kali lipat di 2022.

"Tahun ini kami canangkan bertumbuh untuk kredit konsumtif itu di atas 100 persen pertumbuhannya atau dua kali lipat lebih. Demikian juga dengan yang mikro kami harapkan bisa bertumbuh juga lebih besar lagi karena basisnya masih kecil tetapi pertumbuhannya sudah di atas 100 persen juga saat ini," ungkap Darmadi.

Bank BTPN juga menunjukkan komitmen untuk terus mengembangkan pembiayaan berkelanjutan, termasuk dalam bentuk pembiayaan hijau, seperti pembiayaan proyek pembangkit listrik ramah lingkungan, perkebunan berkelanjutan, kendaraan ramah lingkungan dan proyek lainnya dengan total kucuran dana mencapai Rp 6,16 triliun per Semester I 2022, atau naik 67 persen yoy.

Baca juga: Sepanjang 2021, Bank BTPN Salurkan Kredit Rp 135,60 Triliun

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+