Unit Usaha Merugi, SoftBank Berencana PHK 30 Persen Karyawan Vision Fund

Kompas.com - 30/09/2022, 10:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - SoftBank Grup akan memangkas sekitar 30 persen dari total karyawan atau sekitar 150 karyawan di unit usahanya, Vision Fund, yang tengah merugi.

Unit Vision Fund, yang berkantor pusat di London, Inggris memiliki sekitar 500 karyawan.

Dikutip dari Bloomberg, perusahaan asal Jepang ini mulai memberitahu beberapa karyawan tentang pemutusan hubungan kerja (PHK) tersebut pada Kamis (29/9/2022).

Pendiri SoftBank Grup Masayoshi Son mengatakan, pihaknya akan menerapkan pemotongan biaya dan lengan investasi Vision Fund setelah mencatat kerugian 23 miliar dollar AS.

Baca juga: Badai PHK Karyawan Belum Usai, Pengusaha Ungkap Penyebabnya

Sebagian besar kerugian Vision Fund berasal dari jatuhnya valuasi perusahaan portofolio, termasuk South Korea Coupang Inc. and DoorDash Inc.

SoftBank juga melaporkan kerugian valuta asing 6 miliar dollar AS karena pelemahan yen Jepang. Kondisi inilah yang membuat SoftBank terus mengalami kemunduran secara bertahap.

Masayoshi mengatakan, pihaknya akan mengambil langkah defensif untuk menavigasi penurunan teknologi yang berkepanjangan.

Baca juga: PHK Lebih dari 300 Karyawan, Indosat Beri Pesangon hingga 75 Kali Lipat Gaji

Salah satunya, SoftBank pada bulan lalu telah mengumpulkan lebih dari 17 miliar dollar AS dengan menjual kontrak berjangka di Alibaba Group Holding Ltd., perusahaan e-commerce China yang pertumbuhan pesatnya memperkuat reputasi Masayoshi sebagai investor pemula.

Kemudian, Masayoshi sedang mencoba menunggu kemerosotan saham teknologi sehingga dia dapat melakukan penawaran umum perdana yang sukses untuk Arm Ltd., perancang chip yang dibeli SoftBank seharga 32 miliar dollar AS. Hal ini bertujuan untuk membuat penawaran terbesar yang pernah ada untuk sebuah perusahaan chip.

Baca juga: Shopee PHK Karyawan, Ini Alasannya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.