Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Cara Seedbacklink Bantu UMKM Masuk ke Platform Digital

Kompas.com - 30/09/2022, 15:10 WIB
Akhdi Martin Pratama

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) saat ini cukup banyak yang menggunakan platform digital untuk mengembangkan usaha mereka.Namun, tidak semua pelaku UMKM mampu memanfaatkan platform digital untuk mengembangkan usaha mereka.

Hal ini sama seperti yang disampaikan Presiden  Joko Widodo dalam pidatonya di acara BUMN Startup Day, Senin (26/9/2022). Presiden Jokowi menyebut baru ada 19 juta UMKM yang masuk ke platform digital. Padahal, secara total UMKM yang ada di Indonesia mencapai angka 65,4 juta.

Melihat angka tersebut, seedbacklink merasa ini adalah waktu yang tepat untuk membantu para pelaku UMKM untuk mulai memasuki dunia digital.

Baca juga: Ketika UMKM Didorong Masuk ke Pasar Global, Namun Sulit Mendapatkan Akses Pembiayaan...

“Seperti yang sudah disampaikan Bapak Presiden Jokowi di acara BUMN Startup Day lalu, tentang peluang UMKM masuk ke platform digital yang masih sangat terbuka. seedbacklink sebagai platform dapat membantu UMKM untuk mendapatkan cakupan yang lebih luas di internet, melalui review atau ulasan dari media atau blogger, ujar VP Marketing seedbacklink, A. Desrayen dalam keterangan tertulisnya, Jumat (30/9/2022).

Desrayen menjelaskan, melalui seedbacklink nantinya usaha dari para pelaku UMKM akan terbantu dari sisi awarness atau menjadi lebih dikenal oleh masyarakat luas. Hal itu bisa terjadi karena usaha-usaha tersebut nantinya bisa ditemukan di mesin pencarian.

Seedbacklink merupakan perusahaan teknologi, dimana para pemilik website atau blogger berkumpul untuk membantu para UMKM tampil di mesin pencarian. Tujuannya, agar usaha para pelaku UMKM ini bisa dikenal secara masif, khususnya di Indonesia,” sambung Desrayen.

Desrayen berharap hadirnya seedbacklink di tengah-tengah masyarakat bisa mempermudah para pelaku UMKM untuk masuk ke platform digital. Mulai dari semakin mudah dicari dan dikenal, hingga merambah pasar internasional.

Baca juga: Erick Thohir: BUMN Belanja Produk UMKM Rp 24,5 Triliun, Luar Biasa

Sebagai informasi, seedbacklink merupakan marketplace backlink dan review dari blogger dan media-media yang ada di Indonesia. seedbacklink dapat membantu brand untuk mendapatkan review yang masif dari blogger dan media.

Untuk para pemilik bisnis, seedbacklink memiliki fitur yang sangat mudah digunakan. Pemilik bisnis hanya perlu mendaftar, kemudian memilih blog atau media yang diinginkan untuk menjadi tempat publikasi.

Untuk para publisher, seedbacklink membantu blogger untuk memonetisasi blog mereka dan mendapatkan penghasilan dari blog tersebut. Para blogger hanya perlu mendaftarkan blog mereka di seedbacklink sebagai publisher.

Baca juga: 7 Tips Mudah Pasarkan Produk UMKM ke Supermarket

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com