Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Usaha Waskita Jual Saham Tol Semarang-Batang Rp 3,8 Triliun

Kompas.com - 30/09/2022, 15:40 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Anak usaha PT Waskita Karya yaitu PT Waskita Toll Road (WTR) menjual kepemilikan sahamnya di Jalan Tol Semarang-Batang kepada King Bless Limited (KBL) senilai Rp 3,8 Triliun.

PT Jasamarga Semarang Batang (JSB) adalah Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang memiliki hak konsesi atas ruas Tol Semarang-Batang.

Direktur Utama Waskita Toll Road, Rudi Purnomo mengatakan, penandatangan perjanjian jual beli bersyarat (PJJB) ini merupakan salah satu strategi WTR dalam mendukung komitmen PT Waskita Karya (Persero) Tbk dalam rangka penyehatan keuangan Waskita.

Baca juga: Waskita Karya Targetkan Nilai Kontrak Baru Rp 30 Triliun pada 2022

"Harapannya dengan terlaksananya aksi korporasi ini, WTR selaku anak usaha Waskita dapat berkontribusi dalam pemulihan kinerja keuangan Waskita, sehingga ke depannya Waskita Group dapat mencatatkan kinerja yang berkelanjutan," kata Rudi dalam keterangan tertulis dikutip Jumat (30/9/2022).

Rudi mengatakan, selanjutnya, Waskita Toll Road dan KBL akan melakukan finalisasi atas transaksi tersebut melalui penandatanganan Akta Jual Beli/Sales Purchase Agreement yang ditargetkan selesai pada Triwulan IV tahun 2022.

Sebelumnya, pada 30 Juni 2021, Waskita Toll Road secara resmi telah melaksanakan aksi korporasi pada JSB, di mana PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) dan Reksa Dana Penyertaan Terbatas SAM Jalan Tol (RDPT SAM-JT) mengambil alih kepemilikan Waskita Toll Road pada JSB dengan persentase total sebesar 40 persen.

Baca juga: Waskita Karya Rombak Manajemen, Fadjroel Rachman Tak Lagi Jabat Komisaris

Adapun dalam rangkaian transaksi tersebut, Waskita Toll Road memiliki hak opsi beli atau call option rights. Saat ini, Waskita Toll Road berencana melakukan exercise atas call option tersebut, dan sebagai bentuk kesepakatan sementara antara Waskita Toll Road dan KBL.

Adapun skema transaksi masih dalam proses finalisasi untuk nantinya KBL menjadi pemegang saham di JSB dengan nilai Rp3,8 Triliun.

Baca juga: Waskita Dapat Kontrak Rp 262 Miliar untuk Bangun Kawasan Pertambangan di NTB

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com