Banjir Promo di E-commerce, Bijaklah Menggunakan Paylater

Kompas.com - 30/09/2022, 16:16 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Semarak pekan diskon berbelanja yang dihadirkan e-commerce memang selalu dinanti-nantikan oleh konsumen. Biasanya pada tanggal kembar setiap bulannya, berbagai e-commerce mulai berlomba menawarkan produk-produk dengan harga yang miring.

Sampai pada akhirnya, puncak belanja online akan jatuh pada tanggal kembar bulan terakhir setiap tahunnya atau sering disebut 12.12.

Pekan belanja online ini memang menjadi salah satu hal yang ditunggu oleh konsumen. Lantaran ada saja produk menarik yang ditawarkan e-commerce, atau promo-promo yang sulit untuk dilewatkan pada tanggal kembar tersebut.

Baca juga: Kementerian BUMN Pastikan Dana PMN Tidak Lari ke Proyek IKN

Misalnya, beberapa e-commerce memiliki promo belanja serba 9.999 atau 999, tak jarang ada gadget keluaran terbaru yang dapat diperebutkan dalam daftar itu.

Promo tanggal kembar ini sering menjadi waktu khusus bagi konsumen untuk melakukan ritual belanja. Tentu saja, perputaran uang pada tanggal kembar setiap bulannya berjujuh seiring dengan aktivitas belanja konsumen.

Penggunaan paylater

Tak jarang, konsumen dalam berbelanja online menggunakan salah satu fasilitas kredit buy now pay later (BNPL) atau karib dikenal paylater. Penggunaan paylater memang kian digemari masyarakat 2 sampai 3 tahun belakangan, terutama saat terjadi pandemi Covid-19 lalu.

Seperti telah diberitakan, Direktur Utama IdScore Yohanes Arts Abimanyu mengatakan, produk paylater telah memproses 78 juta fasilitas pinjaman selama Januari hingga Juli 2022.

Baca juga: Cek Rute dan Jadwal Terbaru KA Argo Muria Jakarta-Semarang

Adapun dalam rentang waktu tersebut, total nilai pinjaman paylater mencapai nilai Rp 3,1 triliun.

"Artinya ini menunjukkan dalam periode singkat pertumbuhan BNPL ini sudah mengalahkan dari sisi total fasilitas kredit produk-produk (kredit) lainnya yang ada di perbankan atau multifinance," ujar dia.

Gayung bersambut, tingginya minat masyarakat Indonesia terhadap produk paylater dibarengi dengan banyaknya lembaga keuangan seperti perbankan, multifinance, fintech, hingga e-commerce yang meluncurkan fasilitas kredit berupa paylater.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.