Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KAI Terapkan Face Recognition, Naik Kereta Kini Cukup Pindai Wajah

Kompas.com - 30/09/2022, 17:08 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) melakukan uji coba fasilitas Face Recognition Boarding Gate (Alat pemindai wajah) di Stasiun Bandung, Jawa Barat.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, Face Recognition Boarding Gate tersebut bertujuan untuk mempermudah pelanggan KA Jarak Jauh yang ingin naik kereta api, tanpa perlu menunjukkan berbagai dokumen seperti boarding pass fisik, e-boarding pass, KTP, dan dokumen vaksinasi.

Menurut Joni, uji coba ini dilakukan untuk memastikan dan menyempurnakan layanan inovatif terbaru dari KAI.

"Ditargetkan pada awal tahun 2023, layanan ini sudah bisa diterapkan di seluruh stasiun KA Jarak Jauh di berbagai daerah," kata Joni dalam keterangan tertulis, Jumat (30/9/2022).

Baca juga: Nestle Indonesia Buka Lowongan Kerja untuk Lulusan S1, Cek Kualifikasinya

Joni menjelaskan, Face Recognition Boarding Gate merupakan fasilitas layanan boarding yang dilengkapi dengan kamera dan berfungsi untuk mengidentifikasi dan melakukan validasi indentitas seseorang melalui wajah, yang datanya sudah diintegrasikan dengan data tiket kereta hingga status vaksinasi.

Ia mengatakan untuk menikmati fasilitas tersebut, pelanggan harus melakukan satu kali registrasi di awal yang berlaku untuk selamanya.

Joni melanjutkan registrasi dilakukan dengan menempelkan e-KTP pada alat e-KTP Reader, kemudian menempelkan jari telunjuk kanan atau kiri pada pemindai yang ada di e-KTP reader.

"Jika sudah melakukan registrasi, pelanggan tidak perlu lagi melakukan cetak boarding pass. Pelanggan dapat langsung menuju ke Face Recognition Boarding Gate jika waktunya sudah mendekati jam keberangkatan," ujarnya.

Baca juga: Kapan Suspensi Saham Garuda Indonesia Bakal Dicabut Bursa?


Joni mengatakan, calon penumpang dapat mengarahkan wajah ke mesin pemindai dan jika data tiket, identitas, dan syarat vaksinasi sudah sesuai, gerbang akan otomatis terbuka.

"Cukup 1 detik waktu yang dibutuhkan untuk memastikan wajah pelanggan dan proses verifikasi seluruh data yang tersimpan di sistem KAI. Hal tersebut akan sangat mempermudah pelanggan dan memperlancar antrean proses boarding," tuturnya.

Joni menambahkan, saat ini layanan registrasi telah tersedia di Hall Utara Stasiun Bandung yaitu di customer service, vending machine, ataupun check in counter yang telah dilengkapi e-KTP Reader.

Bagi pelanggan yang tidak dapat melakukan registrasi karena tidak memiliki e-KTP atau e-KTP dalam keadaan rusak, tidak perlu khawatir karena KAI masih menyediakan layanan boarding manual di Stasiun Bandung.

"Masyarakat juga tidak perlu khawatir terkait keamanan datanya karena KAI telah memiliki manajemen keamanan informasi yang baik dan secara rutin terus meningkatkan keamanan data yang dikelola oleh perusahaan," ucap dia.

Baca juga: Banjir Promo di E-commerce, Bijaklah Menggunakan Paylater

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com