Harga BBM Naik, BI Perkirakan Inflasi September 2022 Capai 1,10 Persen

Kompas.com - 30/09/2022, 21:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) memperkirakan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) akan mengerek inflasi 1,10 persen pada September 2022. Hal itu berdasarkan hasil survei pemantauan harga pada pekan kelima September 2022.

Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan, hasil survei menunjukkan komoditas bensin menyumbangkan inflasi September 2022 terbesar, yakni 0,91 persen secara bulanan (month to month/mtm).

Kemudian, tarif angkutan dalam kota menyumbangkan inflasi sebesar 0,06 persen mtm serta angkutan antar kota, rokok keretek filter, dan beras masing-masing sebesar 0,02 persen mtm.

Baca juga: Bank Mandiri Akan Serap Rights Issue BSI

Selanjutnya, ikan kembung, pasir, semen dan bahan bakar rumah tangga (BBRT) masing-masing menyumbang inflasi sebesar 0,01 persen mtm.

"Berdasarkan Survei Pemantauan Harga pada minggu V September 2022, perkembangan inflasi sampai dengan minggu kelima September 2022 diperkirakan inflasi sebesar 1,10 persen (mtm)," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (29/9/2022).

Sementara itu, sejumlah komoditas mencatatkan penurunan harga sehingga menyumbangkan deflasi pada periode yang sama.

Tercatat komoditas yang menyumbang deflasi pada pekan kelima September 2022 yaitu bawang merah sebesar sebesar 0,06 persen mtm dan cabai merah besar sebesar 0,04 persen mtm.

Baca juga: Nestle Indonesia Buka Lowongan Kerja, Ini Posisi yang Dicari


Minyak goreng dan daging ayam ras masing-masing menyumbang deflasi di periode ini sebesar 0,03 persen mtm. Sabai rawit, tomat dan emas perhiasan masing-masing sebesar 0,02 persen mtm, serta telur ayam ras dan tarif angkutan udara masing-masing sebesar 0,01 persen mtm.

"BI akan terus memperkuat koordinasi dengan Pemerintah dan otoritas terkait dan terus mengoptimalkan strategi bauran kebijakan untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan guna mendukung pemulihan ekonomi lebih lanjut," ucap Erwin.

Baca juga: Bank Muamalat Salurkan Pembiayaan untuk Proyek Bus Listrik PT INKA

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.