AGROINDUSTRI

Cetak Sejarah Baru, Pupuk Kaltim Tak Henti Berinovasi

Kompas.com - 30/09/2022, 21:12 WIB

KOMPAS.com – PT Pupuk Kalimantan Timur atau Pupuk Kaltim (PKT) mencatatkan laba mencapai Rp 6,17 triliun pada 2021 dan Rp 10 triliun pada semester 1 di 2022. Direktur Utama PKT Rahmad Pribadi menyatakan bahwa pencapaian itu merupakan yang tertinggi sepanjang sejarah perusahaan.

“Hal ini bisa dicapai berkat semangat, kinerja yang prima, dan kesiapan seluruh karyawan PKT dalam menghadapi dinamika pasar. Tidak bisa dimungkiri bahwa pencapaian ini bisa terjadi karena efek windfall pasar global,” kata Rahmat dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (29/9/2022).

Baca juga: Program Tata Kelola Lingkungan Pupuk Kaltim Raih Properda Emas Pemprov Kalimantan Timur

Dengan pencapaian tersebut, Rahmad meminta karyawan PKT untuk fokus pada pertumbuhan berkelanjutan mengacu pada roadmap PKT yang telah dirancang untuk 40 tahun ke depan. Untuk mewujudkan hal tersebut, pihaknya telah menyiapkan strategi mitigasi untuk jangka panjang, yakni Growth Strategy.

“Kami akan mengembangkan hilirisasi industri petrokimia yang berbasis renewable resources guna mencapai dominasi pasar di wilayah Asia Pasifik melalui (penerapan) Growth Strategy,” ucap Rahmad.

Lebih lanjut, Growth Strategy yang dijalankan PKT dibagi menjadi 3 pilar. Pertama, Operational and Supply Chain Excellence, yaitu fokus pada keunggulan operasional dan rantai pasok melalui efisiensi energi dan optimalisasi infrastruktur.

Kedua, Diversification Excellence, yaitu fokus pada keunggulan diversifikasi dengan mengembangkan bisnis di sektor hilirisasi petrokimia serta energi baru terbarukan (EBT).

Baca juga: Pupuk Kaltim Ubah Limbah Batu Bara Jadi Batako dan Paving Blok

Ketiga, Geographical Expansion Excellence, yaitu fokus pada keunggulan jangkauan pasar dengan peningkatan kapasitas domestik dan ekspansi di pasar global.

“Dengan target dan semangat yang optimistis untuk membawa industri petrokimia Indonesia bersaing di pasar Asia Pasifik dalam 5 tahun ke depan, tentunya PKT akan memanfaatkan keunggulan yang kami miliki,” ujar Rahmad.

Rahmad menambahkan bahwa PKT memiliki tiga keuntungan kompetitif yang mampu membuat perusahaan lebih unggul dalam merealisasikan targetnya. Pertama, PKT memiliki pabrik yang dapat diandalkan dengan konsumsi energi yang rendah sehingga proses produksi menjadi lebih efisien dan kompetitif.

Kedua, memiliki lokasi yang strategis, yaitu berada di Bontang, Kalimantan Timur (Kaltim). Ketiga, memiliki fasilitas logistik dan greenport yang baik. Kehadiran greenport diharapkan dapat menciptakan efisiensi di bidang produksi sehingga rasio per ton pupuk dan produk lain yang dihasilkan semakin meningkat.

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.