Muhammad Nur
PNS Kementerian Keuangan

PNS Kementerian Keuangan

Bertahan dari Resesi dengan Pemberdayaan UMKM

Kompas.com - 01/10/2022, 08:17 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

BADAI seolah belum juga berhenti menghantam negeri ini. Pandemi Covid-19 belum juga berlalu walaupun jumlah suspek semakin melandai.

Belum juga pandemi menjadi endemi, dunia kembali terhentak ketika Bank Dunia menyatakan prediksinya bahwa pada tahun 2023 sebagian besar negara-negara di dunia akan terdampak oleh resesi ekonomi. Sebuah ujian besar tentunya, apalagi bagi negara-negara berkembang.

Di tengah upaya untuk bangkit dari perlambatan pertumbuhan ekonomi sebagai dampak pandemi, ancaman resesi ekonomi kembali hadir di depan mata.

Secara umum, resesi ekonomi dimaknai sebagai penurunan aktivitas ekonomi dan signifikan dan stagnan dalam beberapa waktu yang relatif lama (Detik.com, 28 September 2022).

World Economy Forum menyatakan bahwa penyebab resesi yang mengancam mulai tahun 2023 mendatang karena terjadinya peningkatan inflasi yang signifikan, serta penurunan upah riil yang konsisten (Liputan6.com, 30 September 2022).

Banyak negara akan mengalami pertumbuhan ekonomi yang cenderung stagnan, bahkan menurun signifikan.

Hal serupa sebagaimana dinyatakan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani bahwa studi Bank Dunia mengenai pengetatan kebijakan moneter bank sentral di berbagai negara akan memicu adanya resesi tahun 2023 (Kompas.com, 29 September 2022).

Resesi ekonomi dikatakan berdampak kepada banyak sektor, seperti pemerintahan, perusahaan, maupun bagi para pekerja.

Dengan adanya ancaman resesi pula, maka ekspor bisa menjadi lesu dan bisa memangkas PDB negeri ini (cnbcindonesia.com, 30 September 2022).

Selain itu, potensi terjadinya PHK karyawan juga bisa terjadi di tengah perlambatan pertumbuhan ekonomi nasional. Perlambatan ekonomi ini dapat membuat sektor riil menahan kapasitas produksinya (Kompas.com, 29 September 2022).

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.