Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Boarding Naik Kereta Api dengan Face Recognition, Ini Cara Daftarnya

Kompas.com - 01/10/2022, 10:15 WIB
Mela Arnani

Penulis

KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) mulai mengujicobakan fasilitas layanan boarding dengan memindai wajah para penumpang. Fasilitas ini disebut dengan face recognition boarding gate.

Face recognition boarding gate menawarkan kemudahan bagi penumpang kereta api (KA) jarak jauh, sebab penumpang tidak perlu lagi menunjukkan dokumen-dokumen saat akan boarding seperti tiket fisik, e-boarding pass, KTP, maupun bukti vaksinasi.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, uji coba fasilitas pemindaian wajah tahap pertama telah dilakukan di Stasiun Bandung.

"Ditargetkan pada awal tahun 2023, layanan ini sudah bisa diterapkan di seluruh stasiun KA jarak jauh di berbagai daerah," ujar Joni saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (1/10/2022).

Baca juga: Cara Mendapatkan Diskon Tiket Kereta Api Dosen dan Alumni 5 Univeritas

Cara registrasi face recognition boarding gate

Fasilitas ini dilengkapi dengan kamera untuk mengidentifikasi dan memvalidasi indentitas seseorang melalui wajah, yang datanya telah diintegrasikan dengan data tiket kereta yang dimiliki hingga status vaksinasinya.

Untuk menikmati fasilitas face recognition boarding gate, pelanggan harus melakukan registrasi yang berlaku untuk selamanya.

Registrasi dilakukan dengan menempelkan e-KTP pada alat e-KTP Reader, kemudian menempelkan jari telunjuk kanan atau kiri pada pemindai yang tersedia di e-KTP reader.

Baca juga: Ingat, 10 Perjalanan Kereta Api Jarak Jauh Alami Perubahan Jadwal per Hari Ini

Jika telah melakukan registrasi, maka penumpang tidak perlu lagi melakukan cetak boarding pass. Penumpang dapat langsung menuju ke face recognition boarding gate, dengan cukup mengarahkan wajah ke mesin pemindai.

Apabila data tiket, identitas, dan syarat vaksinasi sudah sesuai ketentuan, maka gate akan terbuka secara otomatis.

"Cukup 1 detik waktu yang dibutuhkan untuk memastikan wajah pelanggan dan proses verifikasi seluruh data yang tersimpan di sistem KAI. Hal tersebut akan sangat mempermudah pelanggan dan memperlancar antrean proses boarding," papar Joni.

Baca juga: Cara Mendapatkan Diskon Tiket Kereta Api bagi Alumni UNS, UGM, dan ITB

Saat ini layanan registrasi telah tersedia di Hall Utara Stasiun Bandung. Registrasi dapat dilakukan di customer service, vending machine, maupun check in counter yang telah dilengkapi e-KTP reader.

Menurut Joni, ke depannya registrasi online akan dikembangkan melalui aplikasi KAI Access.

Sementara bagi pelanggan yang tidak dapat melakukan registrasi karena tidak memiliki e-KTP atau e-KTP nya dalam keadaan rusak, maka dapat melakukan boarding manual.

Baca juga: 5 Kereta Api Jarak Jauh Ini Alami Perubahan Jadwal Mulai 28 September

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com