Inflasi dan Stagflasi Global Mengintai, Ini 4 Tips untuk Antisipasi Dampaknya

Kompas.com - 01/10/2022, 11:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini berbagai negara di dunia tengah menghadapi inflasi sehingga berpotensi terjadinya stagflasi global.

Sebagai informasi, inflasi adalah kenaikan harga barang dan jasa secara umum dan terus menerus dalam jangka waktu tertentu. Sedangkan stagflasi adalah pertumbuhan ekonomi yang terus melambatdisertai dengan inflasi.

Indonesia meski saat ini tingkat inflasinya masih terkendali, namun harus bersiap menghadapi dampak dari inflasi dan stagflasi global tersebut.

Pasalnya, dampak inflasi dan stagflasi akan berpengaruh pada turunnya daya beli masyarakat akibat kenaikan harga dan dapat meningkatkan angka pengangguran.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membagikan tips keuangan agar masyarakat bisa mengantisipasi dampak inflasi dan stagflasi global.

Dikutip dari laman Instagram @ojkindonesia, masyarakat dapat mengatasi inflasi dan stagflasi dengan mengelola keuangan secara tepat.

Baca juga: Jokowi Sebut Indonesia Berhasil Menjaga Inflasi 2022, Apa itu Inflasi? Simak Penyebab dan Dampaknya

Tips mengatasi dampak inflasi dan stagflasi

Berikut tips mengatasi dampak inflasi dan stagflasi dari OJK:

1. Mengelola Pos Keuangan

Kenaikan harga barang atau inflasi dapat diantisipasi dengan mengatur ulang pos keuangan. Pengaturan ini dapat dilakukan dengan memisahkan pos-pos pengeluaran, seperti pengeluaran untuk makan, bayar listrik, transportasi, dan kebutuhan lainnya.

Masyarakat juga harus dapat memisahkan mana pengeluaran yang benar-benar dibutuhkan dan mana pengeluaran yang tidak terlalu dibutuhkan.

Dengan mengatur pos keuangan ini, maka masyarakat akan lebih mudah memonitor pengeluaran setiap harinya dan dapat memisahkan kebutuhan yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan.

Baca juga: Stagflasi: Apa Itu Stagflasi, Penyebab, dan Contohnya

 


2. Mencari tambahan pendapatan

Masyarakat juga dapat mencari tambahan pendapatan agar memiliki tabungan yang lebih untuk bersiap menghadapi inflasi dan stagflasi ke depannya.

Sebab, di kondisi ekonomi yang masih belum pasti saat ini, tidak ada yang dapat memprediksi apa yang akan terjadi pada perekonomian di waktu mendatang.

Untuk itu, memperbanyak tabungan dapat menjadi solusi agar kita siap menghadapi kondisi terburuk sekalipun.

Salah satu sumber pendapatan tambahan yang dapat diambil ialah mencoba untuk berbisnis dengan memanfaatkan platform online atau melakukan pekerjaan sampingan sesuai dengan hobi masing-masing.

Baca juga: Dampak Rambatan Kenaikan Harga BBM Subsidi, Inflasi Tinggi hingga Sebabkan Stagflasi

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.