Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Bakal Ditinjau Xi Jinping, Bagaimana Progresnya Saat Ini?

Kompas.com - 02/10/2022, 07:43 WIB
Rully R. Ramli,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden China Xi Jinping bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meninjau langsung proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) pada November 2022, dalam rangkaian acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

Terkait dengan agenda tersebut, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan tinjauan langsung terhadap proyek yang membentang dari Stasiun Halim-Stasiun Karawang-Stasiun Padalarang-Stasiun dan Depo Tegalluar itu.

Dalam tinjauannya ia melaporkan proyek KCJB saat ini masih dalam tahap pembangunan yang meliputi penataan rel (emplasemen) di stasiun-stasiun antara Padalarang–Bandung, dan penanganan perlintasan sebidang dengan membangun Flyover dan Jembatan Penyeberangan Orang di tiga titik yaitu di Ciroyom, Cimindi dan Pusdikpom, Cimahi.

Baca juga: Jokowi Mau Suntik Proyek Kereta Cepat Pakai APBN Rp 3,2 Triliun

Berdasarkan data PT Kereta Cepat Indonesia China atau KCIC, progres proyek KCJB hingga saat ini sudah mencapai 86 persen. Ditargetkan proyek dapat dilakukan uji coba pada Maret 2023 dan beroperasi pada bulan Juni 2023.

"Suatu kebanggaan bahwa Indonesia adalah negara pertama di Asia Tenggara yang memiliki kereta cepat," kata dia dalam keterangan resmi, dikutip Minggu (2/10/2022).

Lebih lanjut Ia bilang, yang menjadi fokus utama penyelesaian KCJB adalah dari Stasiun Halim Jakarta sampai dengan Stasiun Padalarang, sebab stasiun ini akan menjadi stasiun perjumpaan antara kereta cepat dengan kereta feeder KCJB yang akan menuju Stasiun Bandung.

Baca juga: Dulu Jokowi Berkali-kali Janji Kereta Cepat Haram Gunakan APBN


"Kita targetkan perjalanan kereta cepat dari Jakarta ke Bandung akan menempuh waktu 52 menit. Dari Jakarta ke Padalarang 30 menit dan dari Padalarang ke Bandung (menggunakan kereta feeder) 22 menit," ujar dia.

Selain untuk kereta feeder KCJB, jalur Stasiun Padalarang ke Stasiun Bandung yang merupakan kawasan heritage ini juga dilalui oleh kereta api lokal Bandung Raya yang dioperasikan oleh PT KAI Commuter.

Adapun jalur KA Padalarang-Bandung melewati sejumlah stasiun yakni, Stasiun Gadobangkong, Stasiun Cimahi, Stasiun Cimindi, Stasiun Andir, Stasiun Ciroyom, dan Stasiun Bandung.

Baca juga: Pemerintah Siapkan Rp 3,2 Triliun untuk Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com