Catatan YLKI soal Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan Malang

Kompas.com - 02/10/2022, 12:13 WIB


KOMPAS.com – Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) buka suara terkait kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (1/10/2022) malam.

Insiden yang terjadi usai pertandingan antara Arema FC menjamu Persebaya Surabaya tersebut menelan korban jiwa yang tak sedikit.

Pada Minggu (2/10/2022) pagi, pihak kepolisian merilis jumlah korban meninggal dunia mencapai 127 jiwa. Jumlah tersebut terus bertambah hingga siang ini dikabarkan lebih dari 150 korban jiwa.

Baca juga: Cek Ragam Tarif Travel dari Bandara Juanda ke Malang di Sini

YLKI melalui akun Twitternya mengucapkan duka yang mendalam terhadap korban dan keluarga korban, sebagai konsumen pertandingan sepakbola.

“Mengecam dengan keras atas tragedi tersebut. Tragedi ini harus diusut tuntas, dari mulai penyelenggaran, pemilihan tempat, sampai tindakan di lapangan oleh kepolisian,” tulis YLKI.

Selain itu, YLKI juga mendesak manajemen dan penyelenggara untuk bertanggung jawab, baik secara perdata dan/atau bahkan pidana.

Menurut YLKI, secara perdata, manajemen dan penyelenggara harus memberi kompensasi dan ganti rugi terhadap korban atau keluarga korban.

Baca juga: Update Tarif Tol Surabaya-Malang, Berlaku Mulai 19 Maret 2022

Sejalan dengan itu, YLKI juga mendesak untuk dibentuk tim investigasi independen, bukan tim yang dibentuk oleh PSSI.

“Sebab dalam kasus ini, PSSI adalah pihak yang juga harus diminta pertanggungjawaban,” tegas YLKI.

“Tragedi ini hanya akan membuat wajah dan dunia sepakbola Indonesia makin terpuruk dan berpotensi mendapat sanksi keras oleh FIFA,” lanjutnya.

Baca juga: Esteh Indonesia Somasi Pembelinya, Dinilai YLKI Akan Runtuhkan Sikap Kritis Konsumen

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.