Kementerian ESDM Tekankan Pentingnya Teknik Pertambangan yang Baik

Kompas.com - 02/10/2022, 15:05 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mendorong perusahaan pertambangan untuk menjalankan komitmennya dalam menerapkan kaidah teknik pertambangan yang baik atau good mining practice.

Staf Khusus Menteri ESDM Bidang Percepatan dan Tata Kelola Sektor Mineral dan Batubara Irwandy Arif mengatakan, selain mewujudkan kegiatan pertambangan yang bertanggung jawab, penerapan good mining practice juga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar lokasi tambang.

Untuk memberikan apresiasi kepada perusahaan pertambangan yang telah menerapkan good mining practice, Kementerian ESDM untuk ketiga kalinya sejak tahun 2020, memberikan Penghargaan atas Prestasi Keberhasilan Penerapan Kaidah Teknik Pertambangan Yang Baik.

Baca juga: BRI Sampaikan Belasungkawa atas Tragedi Kanjuruhan

"Kami berharap (para penerima penghargaan) dapat terus meningkatkan komitmen dan integritas terhadap pencapaian good mining practice, sehingga kegiatan pertambangan dapat diwujudkan secara bertanggung jawab dan semakin mensejahterakan masyarakat," ujar Irwandy, dikutip Minggu (2/10/2022).

Menurut Irwandy, pelaku usaha pertambangan mutlak untuk menerapkan kaidah teknik pertambangan yang baik dalam mengusahakan mineral dan batu bara sebagaimana telah diamanatkan dalam peraturan perundangan yang mengatur tentang penerapan kaidah teknik pertambangan yang baik.

"Semoga para penerima penghargaan dapat menjadi role model dalam menerapkan kaidah teknik pertambangan yang baik," katanya.

PT Kideco Jaya Agung menjadi salah satu perusahaan yang mendapat penghargaan dalam gelaran tersebut.

Anak perusahaan PT Indika Energy Tbk itu mendapatkan piagam Aditama untuk aspek Pengelolaan Standarisasi dan Usaha Jasa Pertambangan Batubara dan juga mendapatkan Piagam Aditama untuk aspek Pengelolaan Teknis Pertambangan Batubara, Piagam Aditama untuk aspek Pengelolaan Lingkungan Hidup Pertambangan Batubara, serta piagam Utama untuk aspek Konservasi Batubara.

Baca juga: OPEC+ Dikabarkan Bakal Pangkas Produksi Minyak


Direktur Utama Kideco Mochamad Kurnia Ariawan menjelaskan, dalam aktivitas pertambangannya di Kabupaten Paser, Provinsi Kalimantan Timur, perusahaan telah melakukan sejumlah terobosan untuk mewujudkan operasional pertambangan yang berkelanjutan.

Salah satunya adalah menjalin kerja sama dan dengan mitra bisnis, dalam implementasi target Environment serta ESG yang telah ditetapkan untuk dijalankan bersama.

"Beberapa target dari komitmen tersebut antara lain penurunan konsumsi bahan bakar dalam proses produksi, penggunaan energi terbarukan seperti solar panel dan bus listrik, penanaman pohon dan rehabilitasi Daerah Aliran Sungai (DAS) sebagai upaya dekarbonisasi (penyerapan emisi)," tuturnya.

Lebih lanjut ia bilang, Kideco yang sudah berdiri sejak tahun 1982, juga memastikan kemandirian masyarakat melalui beberapa program CSR yang dijalankan, serta kontribusi nyata terhadap pembangunan daerah.

"Selain itu kami juga berkomitmen untuk terus melakukan inovasi serta memperkuat aspek ESG dalam mewujudkan perusahaan yang produktif, efektif, efisien dan berkelanjutan," ucapnya.

Baca juga: Mudah, Ini Cara Top Up PayPal dan Tarik Saldo PayPal ke Rekening Bank

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.