Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Air Sedunia Pertama Kali Diperingati pada Tahun?

Kompas.com - 02/10/2022, 16:28 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - World Water Day atau Hari Air Sedunia pertama kali diperingati pada tahun 1993. Penetapan hari itu merupakan putusan bersama dalam sebuah sidang PBB. Lalu kapan Hari Air Sedunia diperingati setiap tahunnya?

Dikutip dari laman Kementerian PUPR, Hari Air Sedunia adalah hari yang diperingati atau dirayakan sebagai usaha untuk menarik perhatian publik masyarakat sedunia (internasional) mengenai pentingnya air bersih bagi kehidupan.

Hari Air Sedunia juga merupakan usaha penyadaran untuk melindungi sumber daya air bersih secara berkelanjutan.

Inisiatif memperingati Hari Air Sedunia diumumkan pada Sidang Umum PBB ke-47 tanggal 22 Desember 1992 di Rio de Janeiro, Brasil.

Baca juga: Pembayaran IndiHome Setiap Tanggal Berapa?

Sidang tersebut direspon Majelis Umum PBB melalui Resolusi Nomor 147/1993 dengan menetapkan 22 Maret 1993 sebagai perayaan pertama kali Hari Air Sedunia.

Sejak tahun 1993 masyarakat internasional terutama negara-negara anggota PBB setiap tanggal 22 Maret memperingatinya sebagai Hari Air Sedunia dengan berbagai tema.

Setiap tahunnya pada Hari Air Sedunia terdapat tema khusus yang disesuaikan dengan isu sumber daya air yang dianggap penting dan perlu mendapatkan perhatian masyarakat internasional.

Dengan adanya peringatan hari air sedunia, kita diingatkan bahwa persediaan air bersih semakin berkurang padahal jumlah penduduk semakin bertambah.

Baca juga: Biaya Admin BCA Xpresi, Setoran Awal, Bunga, dan Syarat Buka Rekening

Kapan hari air sedunia diperingati setiap tahunnya? Hari Air Sedunia diperingati pada setiap 22 Maret, di mana Hari Air Sedunia pertama kali diperingati pada tahun 1993.KOMPAS.com/IMAM ROSIDIN Kapan hari air sedunia diperingati setiap tahunnya? Hari Air Sedunia diperingati pada setiap 22 Maret, di mana Hari Air Sedunia pertama kali diperingati pada tahun 1993.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com