Kimia Farma Pastikan Pabrik Bahan Baku Obat di Cikarang Memenuhi Standar Kualitas

Kompas.com - 03/10/2022, 16:30 WIB
Penulis Kiki Safitri
|

CIKARANG, KOMPAS.com - PT Kimia Farma Tbk (KAEF), anggota Holding BUMN Farmasi menggandeng Sung Wun Pharmacopia Co, Ltd., dari Korea Selatan untuk membangun serta meningkatkan kapabiltas riset pengembangan dan teknologi BBO yang mumpuni, sehingga dapat menghasilkan BBO yang memenuhi standar kualitas nasional dan internasional.

Hal ini dilakukan untuk mendorong program kemandirian farmasi dan alat kesehatan sesuai arahan melalui Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 6 Tahun 2016 tentang Percepatan Pengembangan Industri Farmasi dan Alat Kesehatan.

Direktur Utama PT Kimia Farma David Utama mengatakan, untuk mendorong hal tersebut, pihaknya melakukan pengembangan dan produksi Bahan Baku Obat (BBO) dalam negeri bersama PT Kimia Farma Sungwun Pharmacopia (KFSP) selaku anak usaha.

“Peran kami dalam menyediakan BBO sangat penting. Di Indonesia hanya pemerintah yang secara strategis memikirkan kelangsungan daripada penyediaan BBO,” kata David di Pabrik PT Kimia Farma Sungwun Pharmacopia (KFSP) Cikarang, Jawa Barat, Senin (3/10/2022).

Baca juga: Kini Tebus Resep Obat RSCM di Kimia Farma Bisa secara Online

Pembangunan fasilitas produksi BBO berlokasi di Cikarang, Jawa Barat yang telah selesai dilakukan pada tahun 2018 ini terus melakukan inovasi untuk mewujudkan ketahanan kesehatan nasional melalui produksi BBO.

“Industri farmasi saat ini sudah lebih maju, karena 90 persen obat di Indonesia sudah diproduksi di dalam negeri, meskipun bahan baku untuk obat 90 persen masih impor. Melihat tantangan ini, pemain private pembangunan insdustri BBO, mereka enggak akan berani karena volume di Indonesia dibandingkan dengan pemain di India dan China relatif kecil. Pemertintah mengambil keputusan strategis agar kita membangun industri BBO untuk ketahanan nasional,” lanjut dia.

Baca juga: BPOM: Ada 1.094 Obat Tradisional Gunakan Campuran Bahan Kimia Obat, Termasuk Parasetamol


Menurutnya, dengan langkah pemerintah membangun industri BBO, maka ketika ada gejolak dunia yang terjadi, tidak perlu khawatir dengan pasokan bahan baku, sehingga memberi kepastian.

Sampai dengan hari ini PT Kimia Farma Sungwun Pharmacopia sudah memilki sertifikat Cara Pembuatan Bahan Baku Aktif Obat yang Baik dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI.

Baca juga: Pemerintah Bakal Gabungkan Holding BUMN Farmasi dan Holding BUMN Rumah Sakit

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.