Kompas.com - 03/10/2022, 18:31 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - LandX menggandeng Moka Sebagai mitra penyaluran modal usaha untuk UMKM. Dengan kerja sama ini diharapkan para pelaku UMKM yang bekerja sama dengan Moka dapat dengan mudah memiliki akses pendanaan dalam ekspansi bisnis UMKM.

CEO LandX Andika Sutoro Putra mengatakan, alasan kerja sama ini dilakukan adalah lantaran melihat UMKM memiliki potensi besar dalam perekonomian di Indonesia.

Kontribusi UMKM terhadap perekonomian Indonesia meliputi kemampuan menyerap 97 persen dari total tenaga kerja yang ada, serta dapat menghimpun sampai 60,4 persen dari total investasi.

Potensi ini pun dinilai perlu dilirik oleh para investor, yang kini dimudahkan oleh platform equity crowdfunding seperti LandX untuk berinvestasi pada puluhan ribu mitra usaha Moka, yang notabene UMKM telah menerapkan teknologi digital untuk efisiensi operasional bisnis.

Baca juga: Inflasi Capai Level Tertinggi Sejak Desember 2014, Nilai Tukar Rupiah Tembus Rp 15.300 per Dollar AS

“Dengan menghadirkan beragam bisnis UMKM potensial yang telah bekerja sama dengan Moka dalam platform LandX, kerja sama ini kami harapkan dapat meningkatkan minat investor yang ingin melakukan investasi di UMKM lewat equity crowdfunding," ujar Sutoro Putra dalam siaran persnya, Senin (3/10/2022).

Lebih lanjut dia menuturkan, mitra usaha Moka dapat mengajukan pendanaan melalui layanan Moka Capital yang memfasilitasi beberapa lembaga pendanaan terpercaya yang diawasi oleh OJK.

Setelah penilaian awal, pengajuan tersebut untuk selanjutnya memasuki proses public sale di platform LandX selama 45 hari. Selama proses urun dana (crowdfund) tersebut, investor di LandX dapat menilai kelayakan mitra usaha untuk diberikan pendanaan lebih lanjut.

Dia menambahkan, terdapat beberapa manfaat bagi UMKM untuk menggunakan pendanaan LandX lewat Moka Capital, diantaranya yakni kemudahan bagi mitra usaha Moka dalam mempersiapkan transaksi historis bisnis yang dibutuhkan untuk pengajuan modal.

Tak hanya data transaksi historis bisnis, status pengajuan Moka Capital juga dapat dicek real time oleh pemilik usaha lewat dashboard di back office Moka.

Baca juga: Kimia Farma Pastikan Pabrik Bahan Baku Obat di Cikarang Memenuhi Standar Kualitas

Selain itu, akan ada promo eksklusif dari LandX bagi para mitra usaha Moka yang mengajukan pendanaan melalui Moka Capital.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.