Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil Nicke Widyawati, Wanita yang Dua Periode Jabat Posisi Dirut Pertamina

Kompas.com - 03/10/2022, 21:10 WIB
Kiki Safitri,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.comNicke Widyawati kembali dipercaya sebagai direktur utama PT Pertamina (Persero) berdasarkan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Pertamina pada hari ini, Senin (3/10/2022). Dengan demikian, dia otomatis mengemban dua kali periode sebagai bos Pertamina.

Adapun alasan pengangkatan Nicke dua periode menjadi orang nomor satu di Pertamina karena dinilai mampu mengantarkan Pertamina bertransformasi sekaligus meraih kinerja terbaik sepanjang periode pertama kepemimpinannya, yakni April 2018 hingga September 2022.

Nicke Widyawati juga dinilai mampu mengkonsolidasikan kekuatan perusahaan untuk menjaga ketahanan energi nasional dan menjalankan transisi energi dalam kondisi yang penuh tantangan yaitu pandemi Covid-19, Conflict geopolitik, dan climate change.

Baca juga: Erick Thohir Tunjuk Lagi Nicke Widyawati Jadi Dirut Pertamina, Ini Alasannya

Lalu, siapa Nicke Widyawati, dan bagaimana sepak terjang karirnya?

Nicke Widyawati merupakan wanita kelahiran 25 Desember 1967. Nicke dikenal sebagai seorang pengusaha Indonesia. Dia mulai menjabat sebagai Direktur Utama Pertamina sejak 30 Agustus 2018, setelah sebelumnya menjadi Pj Direktur Utama menggantikan Elia Massa Manik.

Dia juga sempat menerima penghargaan Women's Work of Female Grace dari Indonesia Asia Institute pada tahun 2013. Nicke juga dinobatkan oleh majalah Fortune sebagai salah satu wanita paling berpengaruh di luar AS pada tahun 2020.

Baca juga: Erick Thohir: GDC Pertamina Group Mampu Bersaing dengan Produk Perusahaan Lain

Nicke Widyawati merupakan lulusan Hukum Bisnis dari Universitas Padjadjaran (S2) tahun 2009 dan Teknik Industri di ITB (S1) tahun 1991. Ia juga sempat menjabat sebagai eksekutif di berbagai tempat sejak tahun 2009.

Sebelum menjabat sebagai Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati dipercaya sebagai Direktur SDM Pertamina dan pernah menjabat sebagai Direktur Pengadaan Strategis 1 PT PLN (Persero).

Baca juga: Beredar Isu Kualitas Pertalite Menurun, Begini Proses Quality Control BBM Pertamina

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com