Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IHSG Hari Ini Diproyeksi Masih Melemah, Simak Analisisnya

Kompas.com - 04/10/2022, 06:39 WIB
Rully R. Ramli,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup melemah 0,44 persen ke 7.009,71 pada Senin (3/10/2022). Pada perdagangan awal pekan ini, indeks saham acuan Bursa Efek Indonesia (BEI) ini bergerak fluktuatif cenderung melemah.

Analis Artha Sekuritas Dennies Christopher mengatakan, pelemahan dibayangi berlanjutnya depresiasi nilai tukar rupiah. Bahkan, di pasar spot nilai tukar rupiah telah menembus level Rp 15.300 per dollar AS.

Selain nilai tukar yang tertekan, pasar juga mencermati hasil rilis inflasi nasional pada September 2022 sebesar 1,17 persen secara bulanan (month to month/mtm). Ini menjadi yang tertinggi sejak Desember 2014.

Baca juga: Anindya Bakrie dan Erick Thohir Kuasai 51 Persen Saham Klub Sepak Bola Oxford United

Dennis memproyeksi, pelemahan IHSG berlanjut pada perdagangan Selasa (4/10/2022) hari ini. Menurut dia, pada sesi perdagangan hari ini, IHSG akan bergerak rentang pergerakan support 6.987-6.965 dan resistance 7.039-7.069.

Menurutnya, secara teknikal candlestick membentuk long black body dengan stochastic bergerak di area oversold. Ini mengindikasikan potensi pelemahan namun dengan rentang yang terbatas.

"Pergerakan masih dibayangi kekhawatiran dari pelemahan nilai tukar rupiah serta inflasi per September yang tinggi," kata dia, dalam risetnya Senin.

"Di sisi lain, rapat darurat The Fed turut mendorong kekhawatiran investor secara global," tambah dia.

Senada, CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya mengatakan, IHSG berpotensi melemah hari ini. Ia memproyeksi, indeks saham bergerak pada rentang 6.872-7.236.

Menurutnya, realisasi inflasi masih berada dalam rentang stabil. Ini menunjukkan, kondisi perekonomian nasional masih relatif terjaga.

Oleh karenanya, meskipun dalam jangka pendek masih dibayang-bayangi tekanan, dalam jangka panjang IHSG berpotensi menguat.

"Hari ini IHSG berpotensi melemah," ucap WIlliam.

Baca juga: Sektor Kesehatan Ambles, IHSG Ditutup Melemah 0,44 Persen

Disclaimer: Artikel ini bukan untuk mengajak membeli atau menjual saham. Segala rekomendasi dan analisis saham berasal dari analis dari sekuritas yang bersangkutan, dan Kompas.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan atau kerugian yang timbul. Keputusan investasi ada di tangan Investor. Pelajari dengan teliti sebelum membeli/menjual saham.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com