Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cek Aturan Bagasi Garuda Indonesia Domestik dan Internasional

Kompas.com - 04/10/2022, 08:58 WIB
Muhammad Choirul Anwar

Penulis


KOMPAS.com – Ketentuan bagasi Garuda Indonesia perlu diperhatikan bagi Anda yang hendak bepergian menggunakan maskapai pelat merah tersebut.

Dalam aturan bagasi Garuda Indonesia, terdapat kuota tertentu untuk bagasi gratis Garuda Indonesia. Bagaimana jika kuota tersebut tidak cukup?

Supaya lebih hemat, penumpang bisa membeli bagasi tambahan dengan sejumlah ketentuan. Karena itu, harga bagasi Garuda per kg 2022 penting diketahui.

Baca juga: Penelitian Ini Ungkap Ragam Alasan Penumpang Memilih Naik Garuda

Terkait hal ini, biaya kelebihan bagasi Garuda Indonesia domestik berbeda dengan penerbangan internasional.

Artikel ini akan memberikan ulasan mengenai hal tersebut, dirangkum dari laman resmi www.garuda-indonesia.com pada Selasa (4/10/2022).

Kategori bagasi Garuda Indonesia

Dalam aturan bagasi Garuda Indonesia, terdapat kategori bagasi terdaftar dan bagasi tidak terdaftar. Masing-masing memiliki perbedaan ketentuan bagasi Garuda Indonesia.

Baca juga: Cara Reschedule dan Refund Tiket Pesawat di Traveloka

Bagasi terdaftar di pesawat Garuda

Bagasi terdaftar terdiri dari barang/benda yang ditimbang dan dibawa ke bagasi atau kompartemen kargo pesawat.

Barang/benda tersebut tidak dapat diakses oleh penumpang selama penerbangan. Bagasi terdaftar diberi tanda dengan label khusus bagasi yang menunjukkan terminal kedatangan dan nomor seri bagasi.

Tanda pengenal bagasi tersebut akan ditempel pada boarding pass penumpang untuk tujuan identifikasi dan harus ditunjukkan pada petugas di terminal kedatangan.

Setiap penumpang Garuda Indonesia mendapatkan alokasi bagasi terdaftar sesuai dengan tiket yang dimiliki, namun Garuda Indonesia memberlakukan peraturan yang ketat untuk memastikan bahwa setiap barang/benda yang termasuk dalam bagasi terdaftar tidak melebihi 70 lbs/32 kg.

Baca juga: Cek Syarat dan Cara Refund Tiket Kereta Api Online dan Offline

Terkait hal ini, terdapat pula ketentuan mengenai bagasi terdaftar untuk penumpang yang berpergian bersama.

Apabila dua penumpang atau lebih bepergian secara bersama dengan tujuan yang sama dan melakukan proses check-in di tempat dan waktu yang sama, mereka berhak atas total berat bagasi gratis Garuda Indonesia dari gabungan bagasi individual mereka.

Jika gabungan total berat bagasi tersebut melebihi berat bagasi bebas biaya gabungan yang seharusnya, penumpang akan dikenakan biaya kelebihan bagasi Garuda Indonesia domestik atau internasional.

Bagasi tidak terdaftar di pesawat Garuda

Berdasarkan pengaturan interior kabin pesawat, bagasi tidak terdaftar harus diletakkan di dalam kompartemen di atas kepala atau di bawah kursi di depan kursi penumpang.

Baca juga: Cara Check In Online Lion Air lewat HP Tanpa Harus Antre di Bandara

Bagasi tidak terdaftar terdiri dari dua kategori yakni bagasi kabin dan barang bawaan bebas biaya. Ketentuan bagasi Garuda Indonesia untuk dua kategori tersebut berbeda-beda.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com