RILIS BIZ

Dukung Percepatan Ekosistem Cloud, Biznet Gio dan Lyrid Luncurkan Layanan Otomatisasi Microservice

Kompas.com - 04/10/2022, 09:11 WIB

KOMPAS.com – Penyedia layanan komputasi awan (cloud computing) di Indonesia, PT Biznet Gio Nusantara (Biznet Gio), mengumumkan kerja sama strategis dengan penyedia teknologi pengelolaan cloud, Lyrid Inc, dengan meluncurkan solusi otomatisasi microservice.

Hasil kolaborasi Biznet Gio dengan Lyrid akan menyasar industri yang kini gencar mengadopsi metode pengembangan aplikasi gesit (agile development). Solusi ini mengedepankan managed Kubernetes yang mudah digunakan dan cukup dikenal sebagai platform open- ource untuk mengelola sistem pengembangan aplikasi berbasis container.

Sebagai informasi, microservice merupakan pendekatan pengembangan aplikasi berbasis container yang saat ini banyak digunakan industri untuk percepatan pengembangan aplikasi dan sistem digital. Kerja sama keduanya bertujuan untuk mendukung percepatan ekosistem cloud di Tanah Air.

Adapun keunggulan yang ditawarkan pada peluncuran layanan hasil kolaborasi tersebut adalah kemudahan menjalankan Kubernetes dengan instalasi dan konfigurasi secara instan, dukungan infrastruktur cloud berskalabilitas tinggi, dan ketersediaan sumber daya dan dukungan teknis selama 24 jam.

Kemudian, upgrade skillset atau kemampuan dan transformasi arsitektur dari monolitik ke microservice, serta menghadirkan layanan Kubernetes dengan harga terjangkau jika dibandingkan layanan sejenis dari penyedia layanan luar negeri.

“Kami fokus untuk mempercepat terbentuknya ekosistem komputasi awan dan data center di Indonesia, salah satunya guna menghadirkan layanan infrastruktur tepat guna untuk pengembang aplikasi,” ujar CEO Biznet Gio Nusantara, Dondy Bappedyanto, dalam rilis yang diterima Kompas.com, Selasa (4/10/2022).

Melalui kerja sama Biznet Gio dan Lyrid Inc, keduanya ingin mempermudahimplementasi infrastruktur microservice untuk industri yang tengah giat mengadopsi pendekatan agile development.Dok Biznet Gio Melalui kerja sama Biznet Gio dan Lyrid Inc, keduanya ingin mempermudahimplementasi infrastruktur microservice untuk industri yang tengah giat mengadopsi pendekatan agile development.

Melalui kerja sama tersebut, kata Dondy, pihaknya ingin mempermudah implementasi infrastruktur microservice untuk industri yang tengah giat mengadopsi pendekatan agile development.

“Selain dapat mendukung keunggulan bisnis pelanggan, solusi dari kerja sama ekosistem cloud akan memberikan simplifikasi dan adopsi teknologi yang cepat serta ketersediaan infrastruktur yang scalable dan juga aman,” lanjutnya.

Kontrol penuh sebagai fasilitas pelanggan

Dengan menggunakan platform managed Kubernetes dari Lyrid, pelanggan dapat memiliki kontrol penuh atas setiap layer, instalasi, pengaturan, dan pengelolaan cluster Kubernetes melalui satu antarmuka pengguna (UI) secara mudah.

Bahkan, fasilitas tersebut dapat digunakan pelanggan tanpa perlu mempunyai kemampuan atau pengetahuan teknis tentang Kubernetes.

Saat ini, platform managed Kubernetes Lyrid menawarkan skalabilitas dan ketersediaan tinggi untuk pengembangan layanan digital. Dengan begitu, para pengembang dapat terus menerus menjalankan pembaharuan pada aplikasi atau dikenal sebagai konsep CI/CD atau continuous integration and continuous delivery yang dapat meningkatkan keunggulan layanan digital dan bisnis kapan saja.

“Lyrid melihat layanan Kubernetes yang dikelola di Indonesia masih jauh tertinggal. Dengan persaingan dari platform yang lebih besar dari hyperscaler cloud dunia, diperlukan partnership semacam ini untuk menawarkan layanan inovatif kepada pengguna tanpa melepaskan filosofi inti Kubernetes,” ujar CEO Lyrid Inc, Handoyo Sutanto.

Sebagai informasi, Biznet Gio kini fokus untuk melebarkan fitur pendukung ekosistem cloud dengan menawarkan layanan perangkat dedicated atau bare metal server yang dikenal dengan NEO Metal berkolaborasi dengan berbagai platform teknologi transformatif.

NEO Metal mengedepankan layanan server dengan performa komputasi terdedikasi siap guna menggunakan spesifikasi hardware terbaru didukung unit komputasi Intel® Xeon® atau AMD EPYC™.

Dondy menambahkan, di tengah ramainya layanan komputasi awan dengan berbagai penawaran mesin virtual atau virtual server, kolaborasi Lyrid dan Biznet Gio spesifik mengusung keunggulan platform Kubernetes di atas infrastruktur Bare Metal Server.

Keunggulan kolaborasi layanan akan menyajikan kinerja komputasi yang tinggi serta terdedikasi didukung kesiapan arsitektur microservice untuk memudahkan pengembang aplikasi untuk segera mengoperasikan platform Kubernetes.

“Teknologi transformatif yang hadir bersama layanan bare metal as a service atau NEO Metal merupakan terobosan untuk memfasilitasi pelanggan, tidak hanya bisa langsung menggunakan perangkat dengan spesifikasi terbaru, tetapi juga mendapatkan upgrade teknologi secara cepat dengan biaya terjangkau dimana data tetap aman dan tersimpan di dalam wilayah Indonesia,” sambung Dondy.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.