Kompas.com - 04/10/2022, 13:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memaparkan sejumlah persiapan yang telah dilakukan jelang pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

Sandiaga mengatakan, sejumlah persiapan yang telah dilakukan di antaranya penyiapan hotel-hotel di Bali, pembukaan penerbangan internasional ke Bali, serta perpanjangan masa berlaku paspor dari lima tahun menjadi 10 tahun.

"Kesiapan menyambut KTT G20 Bali pada 15-16 November 2022 on track dalam melancarkan dan menyukseskan event tersebut," kata Sandiaga dalam keterangan resmi, Selasa (4/10/2022).

Baca juga: Jelang KTT G20, Ini Hal yang Perlu Diketahui tentang Presidensi G20 Indonesia 2022

Mengenai hotel, Sandiaga menyebut sebanyak 23 hotel yang ada di kawasan Jimbaran, Kuta, dan Nusa Dua sepenuhnya siap menyambut kedatangan delegasi KTT G20 yang akan tiba di Bali.

"Sebanyak 23 hotel yang tersebar di Jimbaran, Nusa Dua, dan Kuta persiapannya (sudah) 100 persen," kata dia.

Sandiaga menambahkan, untuk kesiapan akomodasi menjelang KTT G20 juga telah mencapai 95-100 persen.

Selain itu, ia juga turut mengatur hotel-hotel di tiga kawasan tersebut agar okupansinya menembus angka 80 hingga 100 persen.

Baca juga: Jelang KTT G20, ITDC Optimistis Tingkat Keterisian Kawasan The Nusa Dua di Atas 50 Persen


"Kita harapkan bukan hanya okupansi hotel (meningkat) dan fully booked. Tapi juga bagi masyarakat yang ingin berlibur di Bali saat G20 untuk melihat dan memilih alternatif penginapan yang ada di luar kawasan Nusa Dua seperti di Kuta, Ubud, Sanur, Denpasar, Lovina, Buleleng, dan Bali Timur," kata Sandiaga.

Terkait penerbangan internasional, Sandiaga mengungkapkan, sudah ada 25 maskapai penerbangan yang membuka penerbangan internasional ke Bali.

Baca juga: Luhut Ingin Pastikan Bali Bebas dari Sampah Jelang KTT G20

Terbaru, maskapai Evergreen Airways (EVA) membuka penerbangan kembali Taiwan-Denpasar yang terbang tiga hari dalam sepekan.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada maskapai-maskapai ini dan mari kita kembangkan makin banyak jumlah penerbangan sehingga pariwisata kita bisa meningkat secara berkualitas dan berkelanjutan," ujarnya.

Selain itu, masa berlaku paspor juga telah diperpanjang dari lima tahun menjadi 10 tahun. Selain sebagai persiapan menjelang KTT G20, Sandiaga mengungkapkan perpanjangan masa berlaku paspor ini juga diharapkan bisa meningkatkan jumlah investasi di Indonesia.

"Hal ini tentu bisa meningkatkan mobilitas pengusaha dan meningkatkan jumlah investasi di Indonesia," tandas dia.

Baca juga: Pimpin Sidang Pertemuan AMM G20, Mentan SYL: Kolaborasi adalah Kunci Atasi Tantangan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.