KILAS

BLK Komunitas Diminta Dorong Minat Masyarakat dalam Berwirausaha

Kompas.com - 04/10/2022, 17:19 WIB

KOMPAS.com – Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengatakan, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) mendorong terciptanya lapangan pekerjaan lewat Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas.

Oleh karenanya, dia mendorong pengelola BLK Komunitas menerapkan kejuruan pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja lokal.

Selain itu, kejuruan di setiap BLK Komunitas harus dapat mendorong minat masyarakat untuk berwirausaha.

Dengan begitu, kata Ida, keberadaan BLK Komunitas dapat menekan angka pengangguran dan memulihkan perekonomian, serta kondisi sektor ketenagakerjaan selama masa pandemi Covid-19 dan setelahnya.

"Melalui BLK Komunitas, Kemenaker tidak hanya mendorong terciptanya lapangan kerja untuk diri sendiri, tetapi juga lapangan kerja untuk masyarakat luas dengan menjadi entrepreneur," dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (4/10/2022).

Baca juga: Harapan Menaker, BSU Ringankan Beban Para Pekerja Terdampak Kenaikan Harga BBM

Dia mengatakan itu dalam acara peresmian BLK Komunitas di Pesantren Tanwiriyyah Cianjur, Jawa Barat (Jabar), Selasa.

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah dalam acara peresmian BLK Komunitas di Pesantren Tanwiriyyah Cianjur, Jawa Barat (Jabar), Selasa (4/10/2022).
DOK. Humas Kemenaker Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah dalam acara peresmian BLK Komunitas di Pesantren Tanwiriyyah Cianjur, Jawa Barat (Jabar), Selasa (4/10/2022).

Ida menambahkan, pada 2022, Kemenaker berkomitmen dalam akselerasi pelatihan kerja melalui pembangunan BLK Komunitas sebagai bagian dari agenda peningkatan sumber daya manusia (SDM) ketenagakerjaan Indonesia.

"Untuk 2022, Kemenaker menargetkan jumlah pembangunan BLK Komunitas sebanyak 900 lembaga," ucapnya.

Ida juga menjelaskan, Kemenaker telah memulai program pembangunan BLK Komunitas sejak 2017.

Pada 2021, penyebaran pembangunan BLK Komunitas lebih luas lagi dengan melibatkan komunitas serikat pekerja/serikat buruh.

Baca juga: Menaker: BSU Jadi Wujud Hadirnya Negara Atasi Kenaikan Harga BBM

"Alhamdulillah, pada tahun 2021, Kemenaker telah membangun 785 BLK Komunitas. Sehingga, dari 2017 sampai akhir 2021, Kemenaker sudah mendirikan 2.912 lembaga yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia," ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.